Kompensasi Pencemaran Limbah Harus Segera Diselesaikan

by -

*Sanem Sebut Sudah Ada Kesepakatan Antara PT Foresta dan Masyarakat

TANJUNGPANDAN-Bupati Belitung Sahani Saleh mengatakan, sudah ada kesepakatan terkait penyelesaian dugaan pencemaran limbah sawit PT Foresta Lestari Dwikarya yang dampaknya dirasakan oleh para nelayan Desa Kembiri Membalong. Saat ini hanya tinggal menindaklanjutinya dan dalam waktu dekat kompensasi kepada masyarakat harus lanjutkan.

“Berdasarkan uji lab ada unsur pencemaran di Sungai dan Laut Desa Kembiri. Meski saat ini sudah diperbaiki namun, hal tersebut sudah pernah terjadi dan kompensasi tersebut harus segera di selesaikan,” kata Sanem sapaan Bupati Belitung kepada Belitong Ekspres, Senin (30/5) kemarin.

Sementara itu, mengenai persoalan lahan di Desa Simpang Rusa dengan PT Foresta juga harus dibuktikan secara otentik dari kedua pihak. Dalam hal ini masyarakat dan pihak perusahan terhadap lahan seluas 100 Hektar tersebut.

Kata Sanem, masyarakat jangan sampai berbuat anakis. Tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Sebab, dengan berbuat anarkis dapat menimbulkan persoalan yang dapat merugikan masyarakat sendiri.

“Jangan sampai berbuat anarkis,  sebab kita urang Belitong bukan tipe kita berbuat anarkis,”ujar Sanen.

Ia menambahkan akan terus memantau persoalan tersebut. Pemkab tidak akan membela pihak dari masyarakat maupun pihak dari PT Foresta.  “Tapi kita mencari kebenaranya, dan kebenaran itu harus diungkapkan,” tandas Sanem. (mg1)