Komunitas Akar Bakau Maknai Idul Adha dengan Bersih-bersih Pantai

Komunitas Akar Bakau Maknai Idul Adha dengan Bersih-bersih Pantai

RajaBackLink.com

BelitongEkspres.co.id, Manggar – Berbeda dengan yang lain, memaknai Hari Raya Kurban 10 Dzulhijjah 1440 Hijriah, Komunitas Akar Bakau melakukan kegiatan bersih-bersih di Pantai Nyiur Melambai, Manggar, Belitung Timur.

Menurut Ketua Komunitas Akar Bakar, Yudi Senga, bagaimanpun berkurban bisa diaplikasikan sesuai dengan kemampuan dan dalam berbagai cara.

“Kami berpikir, berkurban tidak harus sapi dan kambing, jadi idenya seperti itu. tahun ini belum mampu berkurban sebagaimana yang disunahkan, apa salahnya kita berkurban ketulusan dan keikhlasan untuk membersihkan pantai,” kata Yudi kepada Belitong Ekspres, Ahad (11/8) kemarin.

Komunitas Akar Bakau, Kata Yudi, sengaja mencari moment yang tepat dalam melakukan aksinya. Saat Idul Adha, tentu banyak pengunjung yang datang ke Pantai Nyiur Melambai.

“Karena pasti ramai pengunjung.Jadi kita coba edukasi ke pengunjung, ke masyarakat. Bagaimana caranya agar mereka tidak membuang sampah sembarangan di tempat umum. Apalagi di daerah destinasi wisata,” ungkap Yudi.

Alhasil, dalam waktu yang relatif singkat atau kurang dari satu jam, puluhan karung sampah berhasil dikumpulkan. Termasuk 300 gelas plastik bekas.

Menurut Yudi, sampah ini sendiri berasal dari pengunjung-pengunjung yang kurang bertanggungjawab akan pentingnya kebersihan pantai. “Jadi atas kesadaran dan ide inilah kita blusukan.

Karena momentum Idul Adha, komunitas Akar Bakau tidak mengundang semua anggotanya, hanya beberapa kawan yang siap saja untuk ikut bergabung. “Sekitar 11 orang, namun ditambah dari pengunjung yang spontan jadi 15 orang,” ujarnya.(red)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply