Kondisi Hamil, Pasien Covid Kabur dari RSUD Belitung

by -
Kondisi Hamil, Pasien Covid Kabur dari RSUD Belitung
Ilustrasi

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Seorang ibu hamil pasien Covid-19 berinisial GP (28), warga jalan Gatot Subroto kabur melarikan diri dari ruang isolasi RSUD dr H Marsidi Judono, Senin (26/4) pukul 22:00 WIB. Ia kabur dengan cara memanjat jendela kamar perawatan.

“Perawat melakukan pemeriksaan sekitar tempat tidur dan jendela tempat pasien melarikan diri. Perawat menemukan jendela terbuka terdapat kursi di bawah jendela dan semua barang milik pasien sudah tidak berada di tempat,” kata Kabag Tata Usaha UPT RSUD dr H Marsidi Judono, Ika Harniati dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/4).

Ika menjelaskan, pasien GP datang ke IGD RSUD dr H Marsidi Judono pada Sabtu (24/4). Pasien ini dengan keluhan demam, mual, muntah dan hamil 12 minggu, serta terdapat gejala-gejala klinis Covid-19.

“Hasil pemeriksaan swab antigen positif. Pasien mendapatkan perawatan di ruang Isolasi B selama 3 hari dan direncanakan melanjutkan isolasi mandiri pada hari ke-4 oleh dokter penanggung jawab pasien,” terangnya.

Kemudian pada 26 April pukul 08:00 WIB pasien mendapat kabar dari kakaknya bahwa anaknya sakit. Sehingga pasien merasa cemas dengan kondisi anaknya dan memutuskan untuk melarikan diri. “Pukul 21:30 WIB perawat masih melihat pasien di dalam ruangan perawatan, namun pukul 22:00 WIB sudah tidak ada di tempat,” bebernya.

Kata Ika, menurut keterangan saksi yaitu salah seorang pasien yang merupakan satu kamar menyatakan bahwa GP keluar melalui jendela ruang perawatan. “Pasien dijemput oleh suaminya yang sudah mengetahui rencana melarikan diri pasien,” ujarnya.

Ia menambahkan, setelah itu petugas RSUD dr H Marsidi Judono langsung menghubungi petugas keamanan dan keluarga pasien. “Saat dihubungi keluarga menyatakan pasien telah di rumah,” tukas Ika. (dod)