Kondisi Tak Layak Pakai, Perbaikan IPAL Puskesmas Air Saga Terkendala Anggaran

by -
Kondisi Tak Layak Pakai, Perbaikan IPAL Puskesmas Air Saga Terkendala Anggaran
Fauzi (kanan) saat menceritakan kondisi Puskesmas Air Saga.

 

belitongskspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pejabat Administrasi Puskesmas Air Saga Fauzi mendorong Pemerintah Daerah dan DPRD Kabupaten Belitung agar dapat menganggarkan Pembangunan Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di Puskesmas tersebut.

“Kita sudah coba untuk mengusulkan pembangunan atau perbaikan IPAL ini di Musrenbang sejak tahun 2019, namun sampai sekarang belum juga terealisasi,” kata Fauzi kepada Belitong Ekspres, Senin (15/3) kemarin.

Menurut Fauzi, saat ini kondisi IPAL sudah tidak layak lagi untuk dipakai. Akan tetapi, karena tidak adanya anggaran, makanya IPAL tersebut masih tetap digunakan sampai sekarang ini.

“Kondisinya sudah tidak layak lagi digunakan karena ukuran penampungannya terlalu kecil dan tidak sesuai lagi dengan kondisi yang ada sekarang. Oleh karenanya, kami mengusulkan untuk dilakukan perbaikan,” jelasnya.

Selain itu kata Fauzi, masyarakat juga mengeluhkan kondisi parkir di Puskesmas Air Saga lantaran tidak ada atap. Sehingga kendaraan yang terparkir dalam kondisi apa adanya.

“Iya, kalau hujan nya kehujanan, kalau panasnya kepanasan karena atapnya tidak ada. Warga yang berobat juga sering mempertanyakan hal yang sama,” terangnya.

Ditambahkan Fauzi, selain dua persoalan itu Puskesmas Air Saga juga memerlukan beberapa alat kesehatan terutama yang bersifat urgent.

“Untuk Alkes cukup, tetapi masih ada beberapa alat yang kurang terutama yang bersifat penting. Melalui media kita berharap apa yang kita sampaikan ini memberikan perubahan untuk anggaran di Puskesmas Air Saga, sehingga pelayanan kita menjadi lebih maksimal,” tutupnya. (rez)