Kongres Anak

by -

Kapolres : Anak Harus Jaga Perilaku

MANGGAR – Kurang lebih ratusan anak-anak peserta Kongres anak tingkat kabupaten Belitung Timur (Beltim) tahun 2016, mendatangi Mapolres Beltim, Rabu (16/3) siang kemarin. Kedatangan mereka bertujuan untuk mengenal tugas dan wewenang institusi penegak hukum tersebut.
Kapolres Beltim, AKBP. Nugrah Trihadi, S.Ik menerima langsung kedatangan anak-anak yang didampingi Wakil Bupati Beltim, Burhanudin. Dalam sambutannya, Kapolres menekankan agar anak-anak menjaga perilaku yang baik.
Pamen melati dua tersebut menjelaskan kemajuan teknologi menimbulkan dua dampak yakni positif dan negatif bagi generasi muda. Hal positif yang didapat antara lain memudahkan siapa saja yang ingin mengetahui kejadian di belahan dunia manapun. Sebaliknya, hal negatif yang bisa didapat adalah pada saat teknologi digunakan untuk mengakses pornografi dan sejenisnya.
“Benarlah kata orang, dunia dalam genggaman kalau kita memegang gadget. Kejadian di belahan dunia manapun seketika bisa diketahui, kapan saja dan dimana saja. Jangan sampai kemajuan teknologi sekarang, membuat perilaku tercemar oleh hal negatif,” ungkap Nugrah, di hadapan anak-anak peserta Kongres Anak Beltim tahun 2016.
Kapolres mengingatkan bahaya penggunaan teknologi yang salah, akan menjadi ancaman nyata bagi siapa saja. Meski demikian, ancaman dapat diatasi dengan cara membentengi diri sendiri.
“Itu ancaman paling nyata buat kita. Sadar atau tidak sadar, kemajuan tidak bisa dihindari tapi kita sendiri yang harus membendung dampak negatif kemajuan teknologi,” pesan Kapolres.
Kapolres juga menyadari bahwa anak-anak harus dibekali ilmu agama yang cukup. Menurutnya, agama menjadi mutlak agar anak tidak mudah terjerumus dan mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk.
“Diakui, di sekolah kurang mengakomodir pelajaran agama, hanya dua jam. Tetapi jika sungguh-sungguh yakinlah 2 jam akan membentengi diri kita,” tandas Kapolres. (feb)