KONI Beltim Mulai Sosialisasi Sport For New Normal

by -
KONI Beltim Mulai Sosialisasi Sport For New Normal
Rapat dalam rangka persiapan sosilaisasi Sport For New Normal di ruang Rapat KONI Beltim.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – KONI Belitung Timur  (Beltim) akan segera mengeluarkan panduan protocol kesehatan untuk pelaksanaan kegiatan olahraga di masa era tatanan baru atau Sport For New Normal. Dalam waktu dekat, KONI Beltim akan mensosialisasikan ke seluruh Pengurus Kabupaten Cabang Olahraga, kemudian dilanjutkan ke masyarakat umum.

Panduan tersebut mengatur protokol kesehatan pada umumnya, seperti jaga jarak, penggunaan masker dan cuci tangan. Hal-hal khusus terkait olahraga, seperti pelatihan atlet, even kejuaraan serta olahraga untuk masyarakat umum juga ikut diatur.

Wakil Ketua II KONI Beltim Ferizal mengatakan sosialisasi Sport For New Normal akan dimulai pada Minggu pertama di Juli 2020. Tahap awal KONI akan mengumpulkan Pengkab Cabor, pelatih dan beberapa perwakilan atlet.

“6 Juli nanti, Pengkab-pengkab kita kumpulkan, jelaskan atau arahkan kepada mereka bagaimana berolahraga dalam masa pademi Covid-19. Setelah itu sosialisasi dilanjutkan untuk olahraga rekreasi,” kata Ferizal usai memimpin Rapat Persiapan Sport For New Normal di Ruang Rapat KONI Beltim, Selasa (30/6/20).

Menurut Ferizal panduan Sport For New Normal akan berbeda untuk tiap-tiap cabor. Namun yang jelas, penerapan phisikal distancing, pemakaian masker serta cuci tangan sebelum dan sesudah wajib tetap sama.

“Masing-masing cabor punya aturan sendiri. Misalnya PERCASI (catur), itu harus pakai masker bahkan saat pertandingan wajib pakai face shield, nah berbeda dengan PASI (atletik) yang ada jarak antar atlet,” jelas Ferizal.

Diakuinya, sejak awal pandemi Covid-19 merebak banyak atlet yang tidak bisa melakukan latihan, bahkan masyarakat umum banyak yang takut untuk berolahraga. Untuk itu KONI Beltim harus berperan aktif untuk memasyarakatkan olahraga di masa pandemi.

“Selama ini kan distop dulu olahraga. Dak ada yang bisa latihan atau olahraga masal, paling hanya olahraga perorangan. Ke depan itu yang harus kita dorong agar masyarakat dapat aktif berolahraga,” ujar Ferizal.

Selain sosiliasi, KONI Beltim juga akan kembali mengaktifkan pelatihan dan pengembangan atlet di seluruh Pengkab. Gelaran event-event olahraga baik kejuaran maupun olahraga rekreasi akan digalakkan dalam beberapa waktu mendatang.

“Nanti kita gelar event-event kejuaraan olahraga, senam masal, jalan santai ataupun bersepeda di tempat-tempat publik namun dalam rangka sosialisasi Sport For New Normal,” tandas Ferizal. (rel)

Editor: Yudiansyah