Kontak Dengan Pasien Positif Corona, 4 Warga Manggar Jalani Isolasi Mandiri

by -
Kontak Dengan Pasien Positif Corona 4 Warga Manggar Jalani Isolasi Mandiri
Ilustrasi

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ketua Satgas Covid-19 RSUD Beltim dr Hotma Banjarnahor menyatakan pihaknya telah menyelesaikan pengambilan sampel swab terhadap empat pasien yang pernah melakukan kontak dengan pasien 138 di Tanjungpandan yang dinyatakan positif covid-19.

Saat ini, empat pasien warga Manggar yang sebelumnya sempat diisolasi di RSUD Beltim telah dipulangkan ke rumahnya untuk melaksanakan isolasi mandiri. Pemulangan ini dilakukan dengan alasan bahwa status pasien adalah ODP dan OTG.

“Saya koreksi, hasil rapid testnya non-reaktif. Namun karena yang bersangkutan telah berkontak dengan pasien positif maka sesudah kami konsultasi dengan Lab Kemenkes maka tetap diambil swabnya untuk memastikan keadaannya,” jelas dr Hotma kepada wartawan Senin (20/4).

Dalam keterangannya, dr Hotma menjelaskan alasan mereka dipulangkan karena tidak menunjukkan gejala tertentu dan di rumahnya sudah ditempel stiker bahwa di dalam rumah tersebut ada ODP atau OTG. Jadi masyarakat bisa juga mengawasi mereka yang diharuskan melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Namun sampel swab tenggorokan empat pasien sudah dikirimkan ke Jakarta. Untuk mengetahui hasilnya diperlukan waktu antara lima hingga tujuh hari ke depan. Ia berharap hasilnya negatif supaya stabilitas dan situasi di Beltim tetap terjaga.

“Masyarakat jangan khawatir. Kami sudah melaksanakan peran kami semaksimal mungkin. Kami mohon kepada masyarakat juga agar melaksanakan perannya dengan tetap diam di rumah, kalaupun harus keluar memakai masker, rajin cuci tangan, dan physical distancing. Itu sangat penting,” ujarnya.

Sebelumnya, kabar isolasi empat pasien di RSUD Beltim sempat menguatkan kekhawatiran masyarakat terkait penyebaran Covid-19. Karenanya masyarakat diminta tetap waspada dan hanya mempercayai informasi dari Tim Gugus Tugas. (msi)

Editor: Yudiansyah