Kontestan Pilkada Beltim, BERAKAR 1, BELTIM KAYA 2

by -
Kontestan Pilkada Beltim, BERAKAR 1, BELTIM KAYA 2
Pasangan BERAKAR dan BELTIM KAYA menunjukkan nomor urut yang mereka dapatkan, Kamis (24/9).

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Rapat Pleno Terbuka pencabutan nomor urut pasangan calon (Paslon) dalam Pilkada Kabupaten Belitung Timur (Beltim) tahun 2020, tuntas. Pasangan Burhanudin – Khairil Anwar (BERAKAR) nomor 1, dan pasangan Yuri Kemal Fatlullah – Nurdiansyah (BELTIM KAYA) nomor 2.

Rapat yang dilaksanakan KPU Beltim itu dihadiri 2 Paslon, ketua Tim Sukses, Ketua Bawaslu Beltim, serta seluruh jajaran Forkopimda dan awak media di Beltim.

Kegiatan dibuka dan dipimpin langsung oleh ketua KPU Beltim Rizal, dilaksanakan di Gedung Auditorium Zahari MZ, Kamis (24/9). Acara diawali dengan pencabutan nomor urut, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan deklarasi damai dengan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes).

“Kami sudah melaksanakan kegiatan pengundian nomor urut pasangan calon. Kegiatan ini seperti yang kita saksikan bersama tadi, pasangan Burhanudin dan Khairil Anwar mendapatkan nomor urut 1 untuk mendjadi peserta pemilihan pada pemilu 2020 di Kabupaten Belitung Timur. Dan pasangan Yuri Kemal Fadlullah beserta Nurdiansyah mendapatkan nomor urut 2. Dan sekaligus kami buatkan berita acara, dan kami tetapkan,” terang Rizal kepada Belitobg Ekspres.

Kemudian, lanjut Rizal, surat keputusan KPU Kabupaten Belitung Timur juga sudah disampaikan kepada kedua pasangan calon. “Dan mereka berdua berhak untuk menggunakan nomor urut itu pada kegiatan kampanye, pada surat suara, maupun kegiatan-kegiatan yang lain, yang menyertakan nomor urut yang bersangkutan pada suluruh tahapan kegiatan yang masih tersisa 70 hari,” pungkasnya.

Sementara itu Calon Bupati Beltim dari pasangan BERAKAR Burhanudin mengatakan, bahwa ini bagai kejadian yang terulang pada 2015 yang juga mendapat nomor urut 1.

“Hari ini saya dan Pak Khairil, kami mencabut nomor urut undian nomor 1 dan kemudian begitu mencabut nomor undian paslon kami juga mendapat nomor 1. Berarti ini ada sesuatu rahmat dari Allah, berkah dari Allah kepada kami, supaya kami bisa memudahkan langkah kami, supaya kami mudah berkampanye. Berkenaan dengan moto Belitung Timur, Satu Hati Bangun Negeri,” ungkap Burhanudin.

Kemudian kata mantan Wakil Bupati Beltim itu, mengenai visi, visi mereka sederhana. Yaitu, Belitung Timur Bangkit dan Berdaya. Dan tentunnya kata dia, konsen bahwa apa yang harus dilakukan di Belitung Timur, agar bagaimana Belitung Timur ini maju kedepan, seiring dengan era tantangan globalisasi yang dihadapi kedepan.

“Insyaallah, kami tidak ingin banyak berjanji dengan masyarakat, tetapi kami ingin membangun komitmen masyarakat. Kalau kita ingin memperbaiki daerah ini kedepan,” ujar Aan sapaan karibnya.

Lebih lanjut, Aan menjelaskan berkenaan dengan situasi Covid-19, bahwa pendukung dan pengusung partai untuk BERAKAR, sejak awal melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, mereka sudah mengikuti protokol kesehatan. Tidak lebih daripada kapasitas, setiap mereka melaksanakan sosialisasi, mereka tetap patuh taat dari awal.

“Karena saya sudah katakan kepada pemerintah daerah masih petahana sebagai wakil Bupati aktif, saya menyampaikan kepada masyarakat, jangan saya sebagai pencalonan kepala daerah menciptakan klaster baru untuk masyarakat saya. Karena itu saya jaga. Kami menghimbau kepada pendukung saya, kepada masyarakat Belitung ayo kita menjaga, sama-sama menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Dan kami pada masa kampanye tetap mengikuti komitmen itu,” terang Aan.

Mengenai ketidakhadiran istrinya pada acara pencabutan nomor urut Paslon, Aan menjelaskan bahwa status istrinya adalah seorang Aparatur Sipil Negara atau PNS. “Istri saya adalah PNS, jadi dalam kegiatan politik itu tidak bisa hadir. Jadi tidak mungkin istri saya, saya libatkan dalam masalah urusan politik,” tandasnya.

Begitu pula hal yang disampaikan oleh Calon Bupati Beltim pasangan BELTIM KAYA. Yuri menjelaskan bahwa seperti yang dia sampaikan sejak awal, prinsipnya bahwa memang pengundian nomor urut ini, nomor 1 atau nomor 2 tidak masalah. Yang menentukan adalah hasil akhir pada tanggal 9 Desember 2020.

“Pada prinsipnya adalah memang kami hargai tahapan yang dilakukan oleh KPU, dan kami mengapresiasi setinggi-tingginya. Bahwa memang dalam pelaksanaaan tahapan ini setelah ditetapkan sebagai nomor urut pasangan nomor 2, KPU telah melaksanakan tugas yang sangat amat baik. Oleh karenanya, kami dari paSlon nomor 2, kami berkomitmen untuk melaksanakan kampanye secara damai, serta mematuhi protokol covid 19, serta protokol kesehatan,” pungkas Yuri.

BERAKAR Memang Incar Nomor 1

Ketua Tim Sukses Pasangan Burhanuddin – Khairil dengan slogan Bersama Aan – Khairil Merakyat (BERAKAR) Jafri menyatakan jika timnya memang berharap memperoleh Nomor Urut 1. Makna nomor 1 menurutnya lebih ke pada satu tujuan bersama untuk memenangkan pasangan yang didukung dan satu hati untuk memajukan Kabupaten Beltim.

“Kita memang sudah mengincar-ngincar nomor 1 sebetulnya. Alhamdulillah, atas izin Allah kita memperoleh nomor itu sesuai harapan,” kata Jafri.

Anggota DPRD Beltim yang sudah tiga kali menjadi Ketua Tim Sukses Pemenangan Pilkada itu mengatakan sudah menyiapkan berbagai strategi khusus untuk memenang timnya saat tahapan kampanye yang akan resmi dimulai pada 26 September hingga 5 Desember 2020 mendatang.

“Tentunya, kami akan terapkan strategi khusus terutama dalam hal melakukan pendekatan terhadap masyarakat. Kami tim pemenangan dan pasangan calon akan terus menyampaikan agar memilih pasangan yang bisa memajukan Kabupaten Beltim,” kata Jafri.

BELTIM KAYA: 1 Atau 2 Sama Saja

Sementara, Ketua Tim Sukses Pasangan Yuri – Anca dengan slogan Belitung Timur Kami Yuri-Anca (BELTIM KAYA) Fezzi Uktolseja mengatakan semua nomor sama saja. Ia tak mempermasalahkan berapa pun nomor urut yang akan didapatkan pasangan yang didukungnya.

“Nomor 1 atau 2 sama saja, tidak ada perbedaan. Kita tidak ada harapan khusus, semua nomor kan bagus, tinggal bagaimana pandai-pandai kita mengolah itu semua,” kata Fezzi.

Ketua DPRD Beltim itu mengaku pendukung BELTIM KAYA juga sudah menyiapkan poster dan spanduk untuk pasangan Yuri-Anca. Poster memang dibuat dalam dua nomor, tergantung perolehan nomor urut pasangan calon. “Sudah berapa pun nomornya sudah kita siapkan. Liat saja pendukung kami sudah nyiapkan baleho (poster) itu,” ujar Fezzi. (dny/@2!)