KOP Belitung Tundukkan Sulsel di Piala Soeratin U17 Putaran Nasional

by -
TIM KOP Belitung
Tim KOP Belitung yang menjadi Wakil Provinsi Babel.

belitongekspres.co.id, MALANG – Tim KOP Belitung yang mewakili Provinsi Bangka Belitung (Babel) kembali bangkit di pertandingan kedua babak penyisihan grup D Piala Soeratin U17 Putaran Nasional di Malang. Sebelumnya, pada pertandingan di hari Selasa (11/02) KOP Belitung (Babel) kalah tipis atas Aceh dengan skor 1-0.

Di pertandingan Kedua di Grup D, KOP Belitung (Babel) berhadapan dengan Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (13/02) kemarin dengan hasil 2-1 untuk kemenangan KOP Belitung. Pelatih KOP Belitung, Joni Isbandi, mengatakan bersyukur atas hasil yang diraih oleh timnya di pertandingan kedua penyisihan grup D melawan Sulawesi Selatan ini.

“Alhamdulillah atas hasil hari ini dan begitu juga dengan hasil kemarin karena masih diberi kesehatan, meskipun kalah tipis 1-0,” kata Joni saat dihubungi Belitong Ekspres, Kamis (13/02) usai pertandingan kemarin.

Joni menyebutkan, di Pertandingan menghadapi Sulsel ini, Tim kepelatihan KOP Belitung merubah formasi dari pertandingan sebelumnya, berdasarkan analisa pertandingan antara Maluku Utara berhadapan dengan Sulsel kemarin.

“Tim kepelatihan merubah formasi di pertandingan kedua ini berdasarkan penampilan tim lawan (Sulsel), di pertandingan sebelumnyam melawan Maluku Utara,” papar Joni.

Pada pertandingan melawan Sulawesi Selatan ini, timnya berhasil meraih poin penuh dengan mengalahkan Sulsel dengan skor 2-1. “Pertandingan ke 2 ini anak-anak lebih tenang dan tidak terlalu gugup dibandingkan partai pertama,” ungkapnya.

Joni menuturkan, saat pertandingan melawan Sulawesi Selatan, KOP Belitung sempat tertinggal lebih dulu di menit ke 23, berawal dari sepakan pojok pemain lawan. Lalu pemain Babel membuat kesalahan dalam mengantisipasi tendangan sudut lawan tersebut.

Tandukannya untuk membuang bola justru berubah arah ke gawang sendiri sehingga skor sementara berubah 1-0. Kemudian, berselang 10 menit melalui sepakan first time Nur Afik Azzuri (KOP Belitung) pemain nomor punggung 7 berhasil menyamakan skor 1-1 di menit 33, dan hingga peluit babak pertama berbunyi skor masih 1-1.

Saat pertandingan pada babak kedua dimulai, kata Joni, tim lawan tampil lebih menekan dan jual beli serangan terjadi. Tim lawan memanfaatkan postur tubuh lebih tinggi dan berbekal pengalaman lebih banyak membuat para pemain Provinsi Babel sedikit kesulitan.

Kemudian di menit 56, berawal dari sepakan tendangan bebas pemain KOP Belitung di sisi kiri, dan dimanfaatkan Wage Setiawan pemain nomor punggung lima berhasil menyambut bola dengan tandukan memutar, atau sundulan belakang sehingga kiper lawan terkecoh.

Skor kemudian berubah untuk keunggulan Babel 2-1 hingga peluit berakhirnya babak kedua berbunyi. “Ini kerja keras pemain dan kemauan kuat untuk menang, jadi poin 3 hari ini,” terangnya.

Sementara itu Manager Tim KOP Belitung, Daryono, mengatakan, Permainan Sulawesi Selatan hampir sama dengan dengan permainan Aceh, yakni permainan menyerang dengan mengandalkan postur tubuh mereka yang rata-rata tinggi.

“Pertandingan melawan Sulawesi Selatan ini jual-beli serangan terjadi sejak menit awal pertandingan. Pemain kita mengandalkan serangan dari sisi sayap,” katanya.

Dirinya mengatakan cukup puas dengam hasil ini, serta berharap pertandingan melawan Maluku Utara pada Sabtu (15/02) mendatang bisa meraih hasil maksimal, sehingga bisa lolos grup D. “Mudah-mudahan pertandingan hari sabtu dapat point lagi, sehingga dapat lolos babak berikutnya,” harapnya. (dod)

Klasemen sementara Grup D Piala Soeratin U17 Putaran Nasional

1. Aceh U17 Poin 6
2.Bangka Belitung U17 Poin 3
3. Sulawesi Selatan U17 poin 3
4. Maluku Utara U17 Poin 0

Editor: Yudiansyah