Koperasi Pariwisata Dibentuk

by -4 views

*Agar Semua Masyarakat Terlibat di Sektor Pariwisata

SIJUK-Pemerintah Kabupaten Belitung terus berupaya menggiring masyarakat untuk terjun ke sektor pariwisata. Terbaru, Senin (31/8) kemarin telah dibentuk koperasi pariwisata di Desa Terong.
“Kemarin baru dibentuk. Ada sekitar 50 orang pendirinya,” kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan Kabupaten Belitung Mula Samosir di Graha Resto, Selasa (1/9) kemarin.
Pembentukan koperasi tersebut cakupannya kabupaten. Artinya koperasi ini hanya boleh satu di Belitung. Nantinya koperasi ini berfungsi menaungi pelaku pariwisata di Belitung. “Yang berkoperasi itu masyarakat, kita pemerintah memberikan legalitas hukum. Nanti kita undang kecamatan lain untuk masuk bersama dengan koperasi,” kata Mula.
Seluruh masyarakat Belitung boleh bergabung dengan koperasi ini. Asalkan punya tujuan dan visi yang sama membangun kepariwisataan Belitung. “Harapan kita melalui koperasi ini akan ada kekuatan masyarakat melalui rencana aksi di bidang pariwisata,” tukasnya.
Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung Hermanto mengatakan terbentuknya koperasi ini telah memberi wadah bagi pelaku wisata Belitung. Biar semua masyarakat dapat merasakan dampak pariwisata.
Pemerintah dalam hal ini memberikan jaminan, jangan sampai apa yang dibangun tidak dinikmati masyarakat Belitung.  “Kawan-kawan yang di Tanjung Kelayang yang bawa kapal kan tidak ada wadah koperasi. Kalau ada koperasi mungkin bisa simpan pinjam,” kata Hermanto. (ade)