Kotak Aspirasi DPRD Tak Efektif

by -

PANGKALPINANG – Sebanyak 50 unit kotak saran milik DPRD Kota Pangkalpinang hingga saat ini tidak efektif. Padahal kotak saran DPRD yang telah dipasang sejak tahun lalu tersebut sudah terpasang di puluhan titik Kota Pangkalpinang.
Sekretaris DPRD Kota Pangkalpinang, Latip Pribadi mengungkapkan kotak itu sudah terpasang di 42 kelurahan dan 7 kecamatan se- Pangkalpinang dan 1 di kantor DPRD. Latip juga menyayangkan kurangnya partisipasi masyarakat untuk memaksimalkan sarana yang telah mereka sediakan.
“Seharusnya kotak saran yang sudah beroperasi hingga sekarang untuk mempermudah pengaduan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melalui para wakil rakyat,” ujarnya, kemarin (11/2).
Namun Latip membantah, jika kotak saran tersebut dinilai tidak efektif. Hanya katanya, kotak inspirasi tersebut kurang sering digunakan karena masyarakat lebih banyak mengadu langsung kepada Legislatif.
“Seluruh kecamatan dan kelurahan telah terpasang. Jumlahnya 50 unit. Kotak inspirasi itu merupakan langkah untuk menyambung lidah masyarakat. Memang lebih banyak yang mengadu langsung daripada melalui kotak inspirasi,” ungkapnya.
” Kalau ada persoalan yang perlu disampaikan kepada DPRD, bisa langsung atau memasukkan ke dalam kotak aspirasi. Kalau ada pengaduan dari masyarakat, akan kita tindak lanjuti,” jelasnya.
Lanjut Latip, pada umumnya masyarakat Pangkalpinang mengadukan keluhan melalui via sms, telepon ataupun langsung datang ke anggota DPRD. “Nah kotak itu untuk mengakomodir masyarakat yang tidak menggunakan handphone untuk mengadu. Yang jelas kita akan terima keluhan dan pengaduan masyarakat,” tutupnya. (cr61)