KP3 Amankan Ratusan Timah Olahan Berbagai Bentuk

by -

*Diduga Akan Diselundupkan Keluar Pulau Bangka

utama-edisi-30-maret-2017-Timah-Balok
Timah berbagai cetakan yang diduga akan diselundupkan keluar Pulau Bangka. Foto: Awan | Babel Pos

PANGKALPINANG РPolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Pangkalbalam berhasil mengamankan ratusan timah yang dicetak berbagai bentuk Selasa dini hari kemarin (28/3).  Timah-timah yang berbentuk balok, koin dalam ukuran besar maupun kecil, saat itu dimuat dalam sebuah truk dengan nomor polisi B 9204 VQA milik expedisi Sanjaya Express. Namun, sang supirnya sendiri diketahui Muslikum diduga kabur terlebih dahulu.

Pengamanan terhadap timah olahan tersebut bermula pada saat Kapolsek KP3 Pangkalbalam, AKP Ferey Hidayat memimpin personilnya melakukan pemeriksaan kendaraan dimulai pada Senin malam (27/3) sekitar pukul 23.00 WIB. Kemudian, ditemukan data yang tidak sesuai antara tiket yang dikeluarkan dengan daftar kendaraan pada mobil pelaku.

“Karena ada tiket dan data kendaraan yang tidak sesuai, maka anggota Polsek KP3 melakukan pemeriksaan terhadap truk tersebut. Namun, supirnya sudah tidak ada di tempat, diduga melarikan diri,” ujar Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Raspandi seizin Kapolres, AKBP Heru BP saat dikonfirmasi harian ini kemarin (29/3).

Saat dilakukan pemeriksaan terhadap truk, akhirnya ditemukannya balok-balok timah tersebut diantara tumpukan karung plastik giling. Diduga, ratusan¬† timah olahan tersebut akan diselundupkan di luar Bangka. Akhirnya, truk dan BB balok timah tersebut pun dibawa ke Polsek KP3 Pangkalbalam untuk diperiksa. “Semua barang buktinya kita bawa dulu untuk penyelidikan lebih lanjut,” ujar Kabag Ops.

Kata Kabag Ops, saat ini pengembangan pemeriksaan pun terus dilakukan. Penyelidikan pun dilimpahkan ke Ditkrimsus Polda Babel kemarin (29/3). “Setelah kita data, dari pihak Polda Babel akan mengambilalih penyelidikan. Jadi, barang bukti dan pemeriksaan selanjutnya kita limpahkan ke Polda Babel,” pungkas Kabag Ops. (aka)

Rincian Balok Timah Yang Berhasil Diamankan Polsek KP3 Pangkalbalam:
1. 3 Karung berisi koin timah masing-masing berjumlah 57 koin, 75 koin, 67 koin
2. 45 buah balok timah besar
3. 6 buah balok timah kecil
4. 28 buah timah mangkok besar
5. 39 buah timah mangkok sedang
6. 11 buah timah mangkok kecil
7. 7 buah timah cetak tanah
8. 2 buah lelehan timah