KPAD Sosialisasi HIV/AIDS ke Sekolah – Sekolah

by -6 views
KPAD Sosialisasi HIV/AIDS ke Sekolah - Sekolah
KPAD Sosialisasi HIV/AIDS ke Sekolah - Sekolah
Suasana saat sosialisasi bahaya AIDS oleh KPAD Kabupaten Belitung terhadap MAN Tanjungpandan, Kamis (17/10)

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Dalam rangka mencegah serta memberitahu kepada remaja terkait bahayanya penyakit HIV/AIDS, Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Belitung menggelar sosialisasi penyakit HIV/AIDS ke sekolah – sekolah.

Kali ini KPAD Kabupaten Belitung melakukan sosialisasi di Madrasah Aliyah Negeri Tanjungpandan, Kamis (17/10). Sosialisasi itu sangat penting untuk mengantisipasi dan mencegah penyakit yang sangat menakutkan ini.

Demikian dikatakan Sekretaris Komisi Penanggulangan Aids Kabupaten Belitung, Rosmaida Simamora di sela – sela kegiatan sosialisasi di MAN Tanjungpandan, Kamis (17/10).

Menurut Rosmaida, lembaga pendidikan dipilih untuk memberikan pengetahuan secara dini tentang penyakit AIDS dan hal-hal yang terkait di dalamnya.

“Kita pilih sekolah-sekolah untuk memberikan pemahaman secara dini tentang penyakit ini, kepada para murid sehingga upaya preventif dapat ditekan sejak awal,” katanya kepada Belitong Ekspres.

Dirinya juga tak menampik, jika lembaga pendidikan menjadi wadah yang tepat agar para murid dan juga para guru dapat memberikan pengertian kepada sesama dan masyarakat yang ditemuinya.

“Tujuan utama dari sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan bagi generasi penerus, mengubah pola pikir masyarakat tentang Aids, mengajak generasi penerus untuk bersama-sama menekan angka penyebaran AIDS di Kabupaten Belitung ini,” tegasnya.

Kemudian, katanya, sosialisasi ini sudah dilakukan sejak awal September dan untuk MAN yang terakhir. “Sudah ada 15 sekolah yang didatangi dan MAN yang terakhir,” sebutnya.

Masih kata Rosmaida, di Belitung mayoritas orangnya gengsi serta malu akan penyakit AIDS yang dideritanya. Hal tersebut menjadi salah satu faktor membuat KPAD harus terus melakukan sosialisasi seperti ini.

“Di Belitung harga dirinya tinggi, gengsinya tinggi untuk membuka diri atau pun konsultasi. Bahkan untuk mengambil obat di rumah sakit pun, mereka menyuruh orang untuk mengambilnya,” katanya.

Sementara itu, salah satu murid MAN, Wiranda menanggapi baik akan sosialisasi ini. Katanya kegiatan sosisalisasi ini sangat bermanfaat dan memberikan kontribusi secara positif baginya serta teman – teman sebayanya.

“Walaupun agak seram liat foto – fotonya tapi bersyukur dapat memahami secara baik dan benar tentang AIDS. Insyaallah akan saya sampaikan hal menyeramkan ini kepada teman – teman yang belum mengetahui,” ungkapnya.

Sementara itu, materi yang diberikan oleh KPAD antara lain Pengertian HIV AIDS, Periode Perkembangan Virus HIV, Cara Penularan HIV dan AIDS dan Cara Pencegahan HIV dan AIDS. Sedangkan metode yang digunakan adalah diskusi dan tanya jawab.

Tidak lupa dalam kesempatan ini pula, KPAD juga ikut menyuarakan kepada para murid untuk menjauhi Narkoba.

(Faizal | belitongekspres.co.id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *