KPH Gunung Duren Bagikan 257 Ribu Bibit

by -
KPH Gunung Duren Bagikan 257 Ribu Bibit
Ilustrasi (ISTIMEWA)

belitongekspres.co.id, MANGGAR – UPT Dinas Kehutanan KPH Gunung Duren membagikan bibit tanaman sebanyak 275 ribu yang terdiri dari bermacam-macam jenis. Pembagian dilakukan langsung kepada masyarakat, baik kelompok maupun perorangan.

“Kami itu kebetulan ada persemaian sebanyak 275 ribu bibit. Gaharu, Pucuk Merak, kopi, jeruk, petai, jambu mete dan beberapa jenis lainnya,” ungkap Kepala UPT Dinas Kehutanan KPH Gunung Duren, Nurdiansyah.

Meski demikian, bibit yang dibagikan tidak serta merta sesuai dengan pengajuan. Sebab, UPT Dinas Kehutanan mengutamakan pemerataan bibit agar sebarannya meluas di kalangan masyarakat.

“Sekarang sudah mulai didistribusikan kepada pemohon. Pemohon itu boleh kelompok atau perorangan. Cuman kalau misalnya pengajuan seribu, tidak mungkin seribu dibagikan, karena terbatas dan harus merata,” jelasnya.

Selain memberikan bibit kepada pemohon kelompok dan perorangan, UPT Dinas Kehutanan juga memberikan bibit gratis untuk Desa dan Kecamatan.

“Ada juga pemberian bibit untuk Desa dan Kecamatan, ada sebanyak 7 macam bibit, jeruk sunkis, jambu, rambutan, durian Namlung, pete, jambu mete yang dibagikan ke desa,” kata Nurdiansyah.

Tahun ini, pembagian bibit diperuntukkan bagi wilayah Desa Gantung, Dendang dan Simpang Pesak. Tahun depan untuk Kecamatan Damar, Simpang Renggiang, Kampit dan Manggar. Semuanya bibit untuk masyarakat dan tidak boleh diperjual belikan.

“Ada formulir di kami, silahkan datang dan ajukan. Akhir Desember seluruh bibit harus habis dibagikan,” tutup Nurdiansyah.

 

Editor: Subrata
Reporter: Muchlis Ilham