KPK Adakan Bimtek LHKPN

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Empat Anggota DPRD Tak Hadir, Banyak yang Belum Buat LHKPN

TANJUNGPANDAN-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar bimbingan teknis (bimtek) soal pengisian formulir Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Kantor DPRD Belitung Kamis (23/4) kemarin. Kegiatan yang dinilai urgent ini dihadiri hampir semua anggota DPRD sebanyak 25 orang. Namun, dari data absen yang ada, ada empat anggota DPRD tak hadir.
Informasi yang dihimpun Belitong Ekspres, dari empat anggota DPRD yang tak datang, satu di antaranya Taufik Rizani. Ketua DPRD itu diketahui sudah izin ke Pangkalpinang untuk menghadiri sidang dugaan SPPD Fiktif dengan tersangka Kristanto,  mantan Sekwan DPRD Belitung. Sedang tiga anggota DPRD lainnya Fredy, Marwan Putra Fajar dan Hasbi tidak ada informasi alasan ketidakhadiran, meski Fredy di akhir kegiatan sempat nongol.
Di tengah kegiatan Bimtek LHKPN kemarin, ternyata justru masih banyak sejumlah anggota DPRD  yang belum melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) sesuai peraturan perundang-undangan.
“Semua anggota hadir kok. Hanya Pak Ketua DPRD (Taufik Rizani,red) saja yang tak hadir. Karena beliau itu diminta untuk mendampingi Pak Kristanto sebagai saksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Pangkal Pinang,” kata Sekertaris Dewan Kabupaten Belitung B Maya Hasibuan, Kamis (23/4) kemarin.
Yang menjadi pertanyaan, kebenaran pernyataan dari sumber informasi atau fakta sesungguhnya di lapangan. Di satu sisi, Maya menyebutkan, seluruh anggota DPRD kabupaten Belitung hadir dan ikut pada acara Bimtek LHKPN itu. Namun, faktanya, dalam catatan absen yang sempat diperlihatkan oleh salah seorang pegawai DPRD Belitung di hadapan sejumlah wartawan, ada empat orang anggota DPRD Belitung yang tidak datang dalam acara itu. Di antaranya Taufik Rizani, Hasbi, Marwan PF dan Fredy. Namun, Fredy baru tampak terlihat oleh sejumlah wartawan setelah acara Bimtek selesai.
Wakil Ketua Komisi II DPRD Belitung Junaidi Derani ketika di konfirmasi wartawan BE mengatakan, dirinya hanya melihat Fredy yang tak lama berada di ruangan pelaksanaan Bimtek.  “Kalau untuk Marwan dan Hasbi, saya juga tidak melihat. Saya hanya lihat Fredy, namun itu juga tidak lama, dia langsung keluar lagi,” ujar Politikus asal Desa Terong ini.
Politikus Partai Hanura ini, senada dengan penjelasan sekwan yang menyatakan jika Ketua DPRD Belitung memang tidak hadir karena beliau ada agenda di Pangkalpinang. “Kalau Pak Ketua sih (Taufik Rizani,red), dia informasinya berangkat ke Pangkalpinang,” asal Terong, Sijuk ini.(mg2)

Baca Juga:  Pemkab Akan Membangun "Belitung Tourism Trans Hub"

Rate this article!
KPK Adakan Bimtek LHKPN,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: