KPPN Tanjungpandan Imbau Percepatan DAK Fisik 2019

by -
KPPN Tanjungpandan Imbau Percepatan DAK Fisik 2019
Kepala KPPN Tanjungpandan, Yen Yen Nuryeni

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – KPPN Tanjungpandan layangkan imbauan untuk Percepatan Penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik tahun 2019.

DAK adalah dana yang dialokasikan pada APBN untuk daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus fisik yang merupakan urusan daerah, dan sesuai dengan prioritas nasional.

“Pada tahun 2019 ini pemerintah pusat telah menyalurkan DAK Fisik di seluruh wilayah Indonesia melalui KPPN. Termasuk KPPN Tanjungpandan juga menyalurkan DAK Fisik tahun 2019 untuk wilayah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur,” kata Kepala KPPN Tanjungpandan, Yen Yen Nuryeni, kepada Belitong Ekspres, Rabu (04/12) kemarin.

Kemudian dirinya menyampaikan, saat ini KPPN Tanjungpandan telah sukses menyalurkan Dak Fisik tahun 2019 tahap I dan tahap II dan penyaluran secara sekaligus secara tepat waktu.

Bahkan, pada bulan ini KPPN Tanjungpandan telah menyalurkan 2 (dua) DAK Fisik Sekaligus. Yaitu Dak Fisik Penugasan Bidang Kesehatan Pemerintah Kabupaten Belitung dan Dak Fisik Reguler bidang Kesehatan Pemerintah Kabupaten Belitung Timur.

“Penyaluran Dak Fisik tersebut secara tepat waktu, tidak terlepas dari koordinasi dan kerjasama kelembagaan yang sudah dibina antara KPPN Tanjungpandan dengan pemerintah kabupaten,” katanya.

Dalam rangka mempercepat penyaluran Dak Fisik tahun 2019 Tahap III dan penyaluran Dak Fisik tahun 2020, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bangka Belitung dan KPPN Tanjungpandan berkolaborasi akan melaksanakan FGD Percepatan Penyaluran Dak Fisik untuk wilayah Provinsi Bangka dan Belitung. Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 5 Desember 2019 di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Belitung.

“FGD rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Belitung sebagai tuan rumah,” terangnya.

Dengan adanya FGD akan memperkuat komitmen pemerintah kabupaten. Dalam hal ini Kabupaten Belitung dan Belitung Timur untuk mempercepat penyampaian dokumen persyaratan penyaluran DAK Fisik tahap III tahun 2019.

Kemudian, Yen Yen Nuryeni mengingatkan kembali, batas penyampaian persyaratan penyaluran DAK Fisik tahun 2019 paling lambat 16 Desember 2019.

Namun demikian, Kepala KPPN Tanjungpandan itu mengimbau untuk mengupload dokumen persyaratan sebelum tanggal 9 Desember 2019. Agar, kata dia, SP2D bisa terbit pada tanggal 16 Desember 2019 (Batas Akhir Penyampaian SPM LS Non Kontraktual ke KPPN).

“Dengan demikian upload dokumen persyaratan penyaluran DAK Fisik tahun 2019 tahap III, tidak menumpuk pada saat batas akhir penyampaian,” tandasnya.

Editor: Subrata
Reporter: Doddy Pratama