KPU Bateng Tunggu DP4

by -

    KOBA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) hingga kini masih menunggu Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4) dari KPU RI.
    “Sekarang ini kami masih menunggu DP4 dari KPU RI, itu sebagai rujukan kami untuk menerbitkan Daftar Pemilih Sementara (DPS),” kata Komisioner KPU Bateng Marhaendra, Sabtu (20/6).
    Ia menjelaskan, setelah DP4 diterima KPU Bangka Tengah maka dilakukan pemutakhiran data dan daftar pemilih potensial di daerah itu. “Tahapan pemutakhiran data DP4 ini cukup panjang yang dilakukan mulai dari tingkatan PPS hingga ke PPK. Setelah proses di tingkat PPS dan PPK dinyatakan selesai, lalu data itu diserahkan kembali kepada KPU,” jelasnya.
    Ia menjelaskan, pemutakhiran data dimulai dari Juni hingga Desember 2015 atau menjelang hari pemilihan yang melewati proses cukup panjang. “Setelah DPS selesai kami susun, maka diumumkan kepublik untuk memberikan kesempatan mengakomodir warga yang belum tercatat dalam DPS,” ujarnya.
    Ia menjelaskan, setelah DPS selesai atau tidak lagi ada masalah maka segera disusun dan diterbitkan Daftar Pemilih Tetap (DPT). “DPT ini kembali diumumkan ke publik, setelah tidak ada masalah maka DPT ini sebagai rujukan bagi kami untuk menentukan jumlah mata pilih yang menggunakan hak suara dalam pemilihan kepala daerah,” katanya.
    Ia mengatakan, proses DPS dan DPT tersebut dilakukan dengan penuh teliti untuk menghindari masalah yang mengakibatkan hilangnya hak pilih warga. “Tentu proses penyusunan DPS dan DPT ini dilakukan dengan hati-hati dan teliti, verifikasi fatual dilakukan secara akurat sehingga data pemilih benar-benar valid,” ujarnya.(ant/rb)