KPU Beltim Belum Pastikan Jadwal Penetapan Pemenang Pilkada 2020

by -
KPU Beltim Belum Pastikan Jadwal Penetapan Pemenang Pilkada 2020
Ketua KPU Beltim Rizal ST.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – KPU Belitung Timur (Beltim) belum memastikan jadwal penetapan pemenang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2020. Sesuai ketentuan, tiga hari setelah pleno rekapitulasi adalah batas waktu registrasi ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika berkeberatan atas hasil pleno.

Hal tersebut diungkapkan Ketua KPU Beltim Rizal saat dikonfirmasi Belitong Ekspres, Rabu (12/16) kemarin. Selain registrasi, KPU menunggu sikap dari masing-masing pasangan calon peserta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2020. “Belum ada jadwal penetapan (pemenang) sampai ada register dari MK (Mahkamah Konstitusi),” ujar Rizal.

Menurut Rizal, pada hari Rabu (kemarin) menjadi batas waktu bagi para pihak yang merasa berkeberatan atas hasil rekapitulasi. Itupun harus disertai syarat yang mencukupi, salah satunya batas minimal selisih perolehan suara yakni 2 persen.

“Sejauh ini, belum ada yang berkeberatan atas hasil rekapitulasi. Pada saat pleno rekapitulasi pun tidak ada saksi atau paslon yang berkeberatan,” jelas Rizal.

Namun, kata Rizal, pihaknya tetap menunggu kepastian dan batas waktu sebelum benar-benar menetapkan pemenang pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim.

“Biasanya MK akan mengeluarkan registrasi tiga hari setelah pleno. Tapi sepertinya akan dilaksanakan serentak se Indonesia karena hari ini (kemarin) adalah batas waktu,” sebutnya.

Seperti diketahui, pleno rekapitulasi perolehan suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur tahun 2020 telah dilaksanakan KPU Beltim pada hari Ahad (12/13) lalu. Dengan jumlah DPT sebanyak 89.790, suara sah sebanyak 67.342 dan suara tidak sah sebanyak 2.224 serta tidak milih (golput) sebanyak 20.224 suara.

Pasangan 01, Burhanudin dan Khairil Anwar memperoleh suara sebanyak 36.225 berbanding suara sebanyak 31.117 untuk pasangan 02, Yuri Kemal Fadlullah dan Nurdiansyah. “Setelah penghitungan suara masih ada satu rapat pleno yakni penetapan pemenang di Pilkada Beltim. Namun untuk waktunya belum kita tentukan,” tukasnya. (msi)