KPU Beltim Buka Pendaftaran PPDP

by -
KPU Beltim Buka Pendaftaran PPDP
Ketua KPU Beltim, Rizal.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – KPU Beltim membuka kesempatan pendaftaran sebagai Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang akan melakukan pencocokan dan penelitian Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020. Pendaftaran dan penyerahan berkas dimulai tanggal 24 Juli hingga 27 Juli 2020.

“KPU Beltim hari ini memang sesuai program tahapan dan jadwal, tanggal 24 ini adalah hari awal untuk pembentukan PPDP. Hari ini kami bersurat ke seluruh PPK dan desa,” ujar Ketua KPU Beltim, Rizal saat ditemui disela-sela kunjungan Wakapolda Babel di Polres Beltim, Rabu (24/6).

Menurut Rizal, PPS sebagai perpanjangan dari KPU segera mengusulkan nama-nama calon PPDP di setiap TPS setelah berkoordinasi dengan perangkat desa. Sesuai proyeksi jumlah TPS yang akan digunakan pada Pilkada, KPU Beltim merekrut sekitar 248 orang PPDP.

“Kita sudah proyeksikan TPS untuk Pilkada 2020 ada sebanyak 248 TPS. Jadi mulai hari ini tahapan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih,” kata Rizal.

Rizal menyebut rekrutmen PPDP oleh PPS juga memperhatikan kemampuan pengenalan wilayah. “Harapan kita memang PPDP adalah orang yang mengetahui siapa-siapa yang menjadi penduduk disitu (wilayahnya) khususnya pemilih. Mereka mengetahui pergerakan penduduk, siapa yang datang dan siapa yang keluar,” jelasnya.

Dia menambahkan pentingnya pengetahuan wilayah adalah terhindarnya dari miskomunikasi saat melakukan pendataan. Artinya petugas sudah mengetahui, tinggal mendatangi dan mengecek keberadaan pemilih.

“Kemudian petugas menempelkan stiker bahwa KK tersebut sudah pernah didatangi dan di cek petugas PPDP. Kegiatan pemutakhiran data pemilih akan dimulai setelah pembentukan PPDP sekitar bulan Juli,” tukasnya. (msi)

Editor: Yudiansyah