KPU Beltim Evaluasi Pelaksanaan Pilkada 2020

by -
KPU Beltim Evaluasi Pelaksanaan Pilkada 2020
Kegiatan Evaluasi Pelaksanaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2020, Selasa (16/3) kemarin.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Belitung Timur (KPU Beltim) menggelar evaluasi Pelaksanaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, Selasa (16/3). Evaluasi dihadiri seluruh stakeholder yang terlibat dan dilibatkan selama tahapan pemilihan Kepala Daerah tahun 2020.

Ketua KPU Beltim, Rizal menyatakan suksesnya pelaksanaan Pilkada tahun 2020 tidak terlepas dari koordinasi dan sinergitas untuk melaksanakan pemilihan tersebut. “Pada kesempatan ini, saya selaku Ketua dan komisioner mengucapkan ribuan terima kasih atas sinergitas dan kerjasama kita menyukseskan pemilihan,” ungkap Rizal.

Rizal mengakui, pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah tahun 2020 cukup berbeda bila dibandingkan dengan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019. Adapun perbedaan yang paling mencolok adalah regulasi dan pelaksanaan di tengah pandemi Covid-19.

“Pemilihan Bupati tahun 2020 berbeda dari segi regulasi maupun kondisi kita (pandemi). Kita telah melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dengan resiko pada pandemi covid. Tetapi Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan tahapan (berjalan) baik dan kita pun sehat wal’afiat,” ucapnya.

Soal regulasi yang berbeda karena menyesuaikan kondisi pandemi, Rizal mengakui sangat memerlukan koordinasi antar pihak. Peran satu dengan lainnya semakin krusial terutama terkait dengan pencegahan pandemi Covid-19 yang salah satunya membatasi aktifitas kerumunan.

“Regulasi mengharuskan kita melakukan koordinasi secara ketat, baik (tahapan) pencalonan pelaksanaan dan evaluasi. Perlu kordinasi yang intens dengan stakeholder,” sebut Rizal.

Ia mengakui ada hal lainnya, yakni tahapan pelaksanaan yang tidak bisa dihindari. Namun kesalahan atau koreksi yang terjadi pada saat pelaksanaan adalah sebagai masukan dan pengayaan Beltim dalam pelaksanaan kedepan agar bisa berjalan lebih baik lagi.

“Karena tantangan kedepan luar biasa, kami berharap dan yakin koordinasi dan sinergitas di Beltim sudah berjalan baik dan kita perlu meningkatkan koordinasi dalam pelaksanaan pemilihan legislatif, Presiden, Bupati dan Gubernur,” pungkasnya. (msi)