KPU Beltim Surati Jajarannya Soal Zona Pemasangan APK

by -
KPU Beltim Surati Jajarannya Soal Zona Pemasangan APK
Komisioner KPU Beltim, Asrikhah.

belitongekspes.co.id, MANGGAR – KPU Beltim telah menyurati jajarannya guna memastikan zona pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di wilayah Kecamatan dan Desa. Masing-masing dapat mengusulkan 4 lokasi di tiap Kecamatan dan 4 lokasi di Desa.

“Karena memang tahapan kampanye sudah dekat, tinggal beberapa hari lagi. Jadi kami mengambil langkah seiring sejalan waktu, langsung koordinasi titik zona karena itu butuh waktu. Kita bersurat ke Bupati dan cq Kesbangpol sekaligus koordinasi juga ke bawah,” ungkap Komisioner KPU Beltim, Asrikhah, Rabu (9/16).

Menurut Asrikhah, permintaan zona APK disegerakan mengingat tahapan kampanye segera dimulai. “Jadi biar nanti cepat prosesnya karena ini perlu waktu,” ujar Asrikhah.

Ia juga mengakui, KPU Beltim tetap mempedomani peraturan sebelumnya untuk tahapan kampanye. Sebab sampai saat ini, KPU yang melaksanakan Pilkada belum menerima aturan terbaru sebagai pedoman pelaksanaan kampanye.

“Kami juga belum ada aturan terbaru terkait kampanye itu, jadi kami masih memakai aturan lama, yaitu PKPU 4 tahun 2017 dengan PKPU 10 tahun 2020, itu (didalamnya) ada membahas tentang kampanye juga,” jelas Asrikhah.

Selain itu, KPU akan segera memanggil partai politik dan tim kampanye pasangan calon sebelum kampanye dimulai. “Mereka pasti akan bertanya-tanya bagaimana pendaftaran relawan, penjelasan fasilitasi APK yang akan kita fasilitasi untuk paslon. Bahan kampanye juga, itu perlu waktu, sambil koordinasi agar tidak ribet,” paparnya.

Asrikhah menambahkan, KPU juga menunggu desain APK dari tim kampanye paslon. “Karena yang kita fasilitasi dari KPU, diminta desain dari tim paslon. Kita juga berkoordinasi dengan Bawaslu biar sepemahaman soal aturan, jadi ketika sampaikan ke parpol tidak lagi ada kendala,” pungkasnya. (msi)