KPU Beltim Terima Pendaftaran PPS

by -
KPU Beltim Terima Pendaftaran PPS
Komisioner KPU Beltim, Asrikhah sedang melihat proses pendaftaran calon anggota PPS untuk Pilkada Beltim 2020.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur membuka pendaftaran calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) terhitung sejak tanggal 18 Februari dan berakhir pada 24 Februari 2020. Hingga hari ketiga pembukaan pendaftaran, peminat yang menyerahkan berkas berasal dari tiga Kecamatan yakni Simpang Pesak, Kelapa Kampit dan Manggar.

“Proses (pendaftaran, red) masih berjalan. Baru 3 Kecamatan yang ada pendaftar yaitu Pesak, Kampit dan Manggar,” ujar Asrikhah, Komisioner KPU Beltim saat ditemui Belitong Ekspres, Kamis (20/2) kemarin.

Asrikhah menerangkan, pengumuman rekrutmen PPS sudah disebarluaskan melalui website KPU Beltim, PPID, spanduk dan pengumuman tertempel di Desa-Desa. Intinya KPU Beltim membuka pendaftaran bagi masyarakat yang berminat menjadi bagian penyelenggaraan Pilkada 2020 sebagai PPS.

“Kami juga melakukan koordinasi ke Desa agar menyebarluaskan informasi ini. Bahkan ada Desa yang membantu langsung pengumpulan berkas untuk kemudian didaftarkan,” sebut Asrikhah.

Dia juga mengatakan rekrutmen PPS untuk Pilkada 2020 agak berbeda dari pemilihan sebelumnya. Kali ini, peserta yang lulus seleksi administrasi akan mengikuti tes tertulis. “Nanti ada tes tertulis dan tim (KPU) akan turun lapangan per Kecamatan,” jelas Asrikhah.

Ia menambahkan, masyarakat dapat memberikan masukan dan saran terkait nama-nama calon PPS yang mendaftar. KPU akan terbuka mengumumkan nama calon PPS setelah tahap pendaftaran selesai.

“Kami tentunya mengharapkan masyarakat dapat berperan lebih aktif sehingga calon anggota PPS yang akan dipilih benar-benar mampu menjalankan tugas dengan baik,” harap Asrikhah. (msi)

Editor: Yudiansyah