KPU Beltim Tunda Coklit Pasien Covid-19

by -
KPU Beltim Tunda Coklit Pasien Covid-19

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Ketua KPU Beltim Rizal memastikan petugas PPDP yang bertugas mencoklit data pemilih akan menunda pendataan keluarga pasien positif Covid-19. Pendataan akan dilanjutkan kembali setelah mendapat kepastian dari Dinas Kesehatan atau Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten.

“Terkait positifnya dalah seorang warga Manggar, tentu kami KPU Beltim sudah mengetahui siapa saja yang berada di rumah tersebut. Kalau tidak salah ada 3 pemilih yang terdaftar di A-KWK kita (KPU),” ungkap Rizal, Senin (7/20) kemarin.

Dikatakan Rizal, KPU melalui divisi perencanaan program dan data sudah memetakan TPS yang memang masuk tempat tinggal yang bersangkutan. Sekaligus meneruskan instruksi penundaan coklit di rumah tersebut. “Melalui beliau (Divisi), kami sudah instruksikan untuk mempending dulu untuk mencoklit,” ujar Rizal.

Rizal belum dapat memastikan kapan waktu coklit pasien dan keluarga mereka dilaksanakan petugas PPDP. Termasuk kemungkinan cara mencoklit apabila harus dilaksanakan sesegera mungkin.

“Kita menunggu perkembangan situasi yang ada karena masa coklit selama 1 bulan. Kami juga akan berkoordinasi dengan gugus tugas bagaimana caranya untuk mencoklit,” kata Rizal.
“Tetapi pada intinya untuk sementara coklit di keluarga tersebut kita tunda terlebih dahulu menunggu situasi kondusif atau perkembangan beberapa hari kedepan misalnya negatif, sudah bisa kita coklit,” imbuhnya.

Upaya lainnya, KPU akan berkoordinasi ke Gugus Tugas atau Dinas Kesehatan Kabupaten yang akan melakukan tracking kontak erat pasien. “Kami juga tentunya ketika Dinkes atau melalui gugus tugas akan mentracking siapa saja, tentu kami butuh informasi itu. Karena ketika yang di tracking di isolasi (Rumah Sakit), tidak masalah karena PPDP tidak akan berkunjung. Tapi kalau dia di isolasi mandiri (rumah) tentu kita akan melakukan prosedur pelaksanaan coklit dengan sangat ketat,” tutup Rizal. (msi)