KPU Beltim Umumkan DPS, Jika Belum Terdaftar Koordinasi Dengan PPS

by -
KPU Beltim Umumkan DPS, Jika Belum Terdaftar Koordinasi Dengan PPS
Ketua KPU Beltim, Rizal.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – KPU Belitung Timur (Beltim) telah mengumumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pilkada 2020. DPS yang diumumkan merupakan hasil penetapan pleno pada tanggal 14 September 2020 dan mulai diumumkan sejak 19 September hingga 28 September mendatang.

Ketua KPU Beltim, Rizal menyampaikan seluruh dokumen DPS telah disebar ke PPS untuk dipasang di kantor desa, Sekretariat PPS ataupun tempat-tempat strategis yang ada di masing-masing desa.

“Saat ini adalah waktu untuk menerima atau menyampaikan pengumuman masyarakat dan menerima tanggapan pada masyarakat terkait daftar pemilih sementara yang sudah ditetapkan,” ujar Rizal, Jum’at (9/18) akhir pekan lalu.

Rizal berharap, pengumuman DPS dapat menjadi perhatian masyarakat yang ingin mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai pemilih pada pilkada 2020. “Harapan kami di Belitung Timur agar masyarakat proaktif untuk memeriksakan diri mereka sendiri, apakah nama mereka sendiri sudah masuk ke dalam daftar pemilih sementara. Jika belum masyarakat bisa langsung koordinasi menemui PPS bahwa nama mereka belum terdaftar,” jelas Rizal.

Bagi masyarakat yang belum terdaftar dan melapor ke PPS maka nantinya tetap diakomodir dan dimasukkan melalui formulir yang disiapkan untuk di masukkan ke dalam daftar pemilih. Kemudian akan di rekapitulasi menjadi daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP).

Secara berjenjang PPS dan PPK juga melakukan rekapitulasi daftar pemilih sementara. Sebelum akhirnya ditetapkan oleh KPU Beltim menjadi DPSHP. “Hari ini juga kami akan distribusikan spanduk pengumuman di seluruh PPS atau seluruh desa terkait masa pengumuman atau penempelan dokumen DPS di setiap Sekretariat PPS,” katanya.

Rizal menambahkan, pengumuman DPS diharapkan bisa langsung dilihat karena memang dipasang di depan kantor desa agar masyarakat mengetahui. (msi)