KPU Gelar Rapat Susun Anggaran Pilkada Beltim

Suasana Rapat Pembahasan Anggaran Pelaksanaan Pilkada 2020 di ruang rapat KPU Beltim, Selasa (16/7) kemarin.

Suasana Rapat Pembahasan Anggaran Pelaksanaan Pilkada 2020 di ruang rapat KPU Beltim, Selasa (16/7) kemarin.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – KPU Beltim menggelar rapat persiapan penyusunan anggaran pemilihan serentak tahun 2020, Selasa (16/7) kemarin. Rapat dihadiri Bawaslu Kabupaten Beltim, Polres Beltim dan sejumlah OPD teknis terkait, di ruang rapat KPUD Beltim.

RajaBackLink.com

“Hari ini kita memang sudah mengundang stakeholder terkait pelaksanaan tahapan pemilu dan stakeholder yang terkait dengan pengusulan anggaran untuk Pilkada 2020,” ungkap Ketua KPU Beltim, Rizal.
Mengenai apa yang dibahas, Rizal mengatakan ada dua hal yakni tahapan Pilkada yang diperkirakan akan dimulai pada akhir tahun 2019 dan kesiapan Pemerintah daerah, Polres dan Bawaslu.

Baca Juga:  Maju Pilkada Beltim 2020, Yuslih Masih Timbang-Timbang

“Terkait dengan Pemda tentunya kita membahas tentang penganggaran. Kita ketahui bersama bahwa Pilkada 2020 ini tahapannya berada di dua tahun anggaran, yaitu tahun 2019 dan 2020,” kata Rizal.

Oleh sebab itu, Rizal mengatakan bagaimana mekanisme kedepan agar seluruh proses tahapan Pilkada ada dukungan dana. “Baik itu KPU sekaligus pembahasan dengan Bawaslu juga. Karena Bawaslu kan pengawasan seiring sejalan mengikuti tahapan pelaksanaan yang dilaksanakan oleh KPU Beltim,” ujarnya.

Menurut Rizal, salah satu stakeholder yang berperan dalam mendorong penganggaran adalah tata pemerintahan. Hal ini tentu tidak lepas dari kewenangan tata pemerintahan sebagai leading sektor pengusulan anggaran.

“Kita juga mengundang stakeholder lain, tata pemerintahan. Mereka leading sektor pengusulan anggaran Pilkada, baik KPU, Bawaslu, Polres maupun Kodim Belitung. Kami mendapatkan masukan dari seluruh undangan terkait suksesi pemilu yang tentunya harus didukung anggaran, keamanan dan pengawasan,” jelas Rizal.

Baca Juga:  Menuju Pilkada Beltim 2020, Nasdem Bakal Buka Pengumuman

Diakui Rizal, kendala mempersiapkan tahapan Pilkada tentu saja ada. Namun KPUD Beltim melihat kendala sebagai sebuah tantangan yang harus dikelola.

“Kita sendiri tahapannya (Pilkada) belum ditandatangani. Kita menunggu regulasi tahapan tapi draf yang sudah di uji publik yang kita sampaikan hari ini, agar mereka dapat mensinkronkan penganggaran,” kata Rizal.

“Kami mengharapkan pada tahun ini Pemda bisa menyalurkan dananya ke KPU terkait dimulainya tahapan pada akhir tahun ini dan terkait 2020 mulai dari Januari sampai pelantikan,” ulasnya. (msi)

Tags:
author

Author: 

Leave a Reply