KPU Lakukan Riset Melek Politik Warga

by -

TANJUNGPANDAN-KPU Kabupaten melakukan riset melek politik warga di Kabupaten Belitung. Meski tingkat partisipasi pemilih sudah di atas 60 persen, namun perlu dilakukan riset kembali untuk evaluasi pemilu selanjutnya.
Kegiatan ini menindaklanjuti surat edaran (SE)  dari KPU Pusat. KPU seluruh Indonesia harus melakukan riset partisipasi pemilih. Belitung diberikan tema tingkat melek politik warga.
“Ini merupakan sumber untuk kita melakukan pemilu, dalam hal meningkatkan partisipasi pemilu. Kalau melihat partisipasi ada peningkatan dari tahun 2009,” kata Ketua KPU Kabupaten Belitung Soni Kurniawan SH di Graha Resto, Kamis (30/7) kemarin.
Lantas, sebanyak 85 persen riset sudah dilaksanakan tinggal mengakomodir masukan yang diambil dari diskusi yang dilakukan bersama narasumber di Graha Resto. Sejauh ini, Kecamatan Membalong paling tinggi pastisipasi pemilihi, jika  melihat dari pileg dan pilpres. Sementara Kecamatan Tanjungpandan partisipasi terendah.
“Makanya dari riset ini kenapa ada perbedaan mencolok antara masyarakat pedesaan, pesisir, dan perkotaan,” tukas Soni.(ade)