KPU Tahapan Pilkada Beltim Tetap Sesuai Jadwal, Tidak Terganggu Corona

by -
KPU Tahapan Pilkada Beltim Tetap Sesuai Jadwal, Tidak Terganggu Corona
Ketua KPU Beltim, Rizal ST.

belitongekspres.co.id, MANGGAR – KPU Belitung Timur (Beltim) memastikan tahapan Pilkada 2o20 tetap berjalan sesuai jadwal. Sejauh ini, penyelenggara pemilu di daerah belum menerima instruksi apapun dari KPU RI.

“Perlu disampaikan bahwa terkait tahapan belum ada instruksi khusus untuk merubah tahapan. Tahapan itu kan memang sudah tertuang dalam Peraturan KPU nomor 15 dan 16 2020 dan nomor 2 perubahan kedua tahun 2020,” ungkap Ketua KPU Beltim, Rizal ST saat ditemui, Jumat (20/3) kemarin.

Menurut Rizal, memang ada kekhawatiran tahapan pilkada terganggu karena merebaknya wabah virus Corona (Covid-19) di berbagai daerah. Saat ini upaya pencegahan telah dilakukan seluruh instansi, termasuk KPU dan jajarannya.

“Untuk menghindari wabah Covid-19 memang setiap instansi sudah melakukan upaya internal dan memberikan instruksi arahan secara internal. Tentunya kami KPU, karena kita lembaga vertikal kita sudah menerima arahan dan instruksi surat edaran terkait antisipasi merebaknya covid 19 atau Corona,” katanya.

KPU Beltim sendiri mengagendakan pelantikan anggota PPS yang telah lulus serangkaian seleksi dan diumumkan pada tanggal 20 Maret 2020. Masing-masing desa terdiri dari 3 anggota PPS yang terpilih berdasarkan perangkingan nilai tertinggi.

“Kita akan terus melanjutkan tahapan, dalam waktu dekat kita akan melantik anggota PPS terpilih yang diumumkan hari ini, peringkat tiga besar yang layak menjadi anggota PPS,” jelas Rizal.

Ia menambahkan, KPU RI telah memberikan petunjuk teknis pelaksanaan pelantikan mengingat wabah virus Corona. Sebagai bahan pertimbangan, KPU Belitung Timur tetap mengundang stakeholder terkait.

“Kami akan tetap mempertimbangkan, melaksanakan dan merencanakan bahwa pelantikan akan dilaksanakan pada tanggal 22 Maret ini sesuai tahapan. Dan kita melaksanakan secara serentak,” kata Rizal.

“Kita mempertimbangkan daerah kita masih kondusif, babel terutama sesuai rilis terakhir bahwa belum suspect Corona tetapi kita tidak menyampingkan untuk tetap waspada dan melaksanakan prosedur tertentu setingkat ini,” tuntasnya. (msi)

Editor: Yudiansyah