KPU Tegaskan Fasilitasi Kampanye

by -

*Dalam Pertemuan Penjelasan dengan Tim Penghubung Paslon

foto A

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Beltim mengadakan pertemuan bersama guna memberikan penjelasan terkait dengan fasilitasi kampanye dan jadwal kampanye.

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belitung Timur (Beltim) mengadakan pertemuan bersama guna memberikan penjelasan terkait dengan fasilitasi kampanye dan jadwal kampanye.

 

Pertemuan di ruang pertemuan KPUD Beltim, Senin (21/9) siang kemarin, dihadiri komisioner KPUD, tim penghubung pasangan calon dan pihak terkait lainnya. Sedangkan pasangan calon (Paslon) yang hadir hanya Paslon nomor urut 1, yang diwakili Calon Wakil Bupati, Burhanudin.

Ketua KPUD Beltim, Pirmawan menegaskan fasilitasi kampanye dibebankan kepada KPUD Beltim. Sedangkan pasangan calon hanya melaksanakan pertemuan terbatas, tatap muka dan atau kampanye dalam bentuk lain seperti rapat umum dan penyebaran bahan kampanye.

“Seperti kita ketahui, untuk metode kampanye sesuai PKPU yaitu yang dilaksanakan oleh KPU dan oleh paslon. Ini sudah ada ketentuannya,” ungkap Pirmawan mengawali pertemuan.

Ia menjelaskan, mengenai fasilitasi kampanye yang dilakukan KPUD maupun pemasangan alat peraga sudah mulai dilakukan. Namun, belum secara keseluruhan selesai terpasang.

“Alhamdulillah sudah kami lakukan atau pasang walaupun ada beberapa kecamatan yang masih dalam proses pemasangan. Berkaitan dengan bahan kampanye, lainnya seperti poster masih dalan proses,” terang Pirmawan.

KPUD, kata Pirmawan, telah berupaya mempercepat fasilitasi kampanye untuk terus digesa. Salah satunya meminta rekanan menyelesaikan pesanan secepatnya.

“Kami telah mendatangi pihak rekanan untuk pengadaan bahan kampanye dan baru akan diselesaikan dalam satu minggu yang akan datang. Ini perlu kami sampaikan,” kata Pirmawan.

Pirmawan mengakui, kewajiban terkait fasilitasi kampanye, KPUD harus menyiapkan sebelum masa kampanye dimulai. Hanya saja, materi dan bahan kampanye disediakan oleh pasangan calon.

“KPUD mencetak sesuai desain dan materi yang disampaikan paslon. Untuk penyampaian desain dan materi, ini sudah berkali-kali kami sampaikan kepada paslon, tim penghubung atau timses paslon,” tegas Pirmawan.

Sementara itu, terkait jadwal kampanye pasangan calon, pembagian waktu dan wilayah kampanye dialogis yang dikeluarkan KPUD Beltim ditentang pasangan calon nomor urut 1. Sebab, pembagian waktu dan wilayah dinilai mengganggu jadwal yang telah disusun paslon tersebut.

Paslon nomor urut 1, Calon Wakil Bupati, Burhanudin bahkan mengaku telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian selaku pemberi persetujuan izin kampanye dialogis. Apalagi, tim penghubung paslon 2 dan 3, tidak mampu menunjukkan jadwal kampanye paslon masing-masing.

Menjawab permasalahan tersebut, KPUD Beltim akan melakukan rapat koordinasi dalam waktu dekat. Selain itu, KPUD meminta seluruh paslon menyerahkan jadwal kampanye yang telah tersusun. (feb)