KPUD Garap Pemilih Pemula

by -

MANGGAR-Ratusan pelajar dari tingkat SMA dan SMK di Kecamatan Manggar Belitung Timur (Beltim), mengikuti sosialisasi pemilih pemula yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Beltim, di Taman Wisata Gubok Berangsai, Bukit Samak A1, Manggar, Beltim, Kamis (29/10/2015). Sosialisasi bertema Menjaga Hak Pemilih Pemula untuk Tetap Bersuara pada Pilkada Serentak 2015.

Acara ini untuk memberikan pengertian secara luas kepada mereka pemilih pemula menjelang Pilkada Beltim, 9 Desember 2015 mendatang. Ketua KPUD Beltim, Pirmawan, melalui Komisioner KPUD Beltim Divisi SDM, Umum, dan Rumah Tangga, dan Data Pemilih Rizky Rinaldi menyebutkan, satu di antara syarat menjadi pemilih pada Pilkada Serentak 2015 adalah berusia di atas 17 tahun, atau sudah menikah dan atau memiliki KTP.

“Mereka pemilih pemula adalah yang berusia 17 tahun, atau sudah menikah, dan yang sudah memiliki KTP, Termasuk adik adik pelajar ini memiliki hak pilih,” ungkap Rizky.

Menurut Rizky, pada Pilkada Beltim 2015, KPUD Beltim telah merekap sebanyak 2.099 pemilih pemula. Jumlah ini berdasarkan rekapitulasi DPT (Daftar Pemilih Tetap) di tingkat KPU Kabupaten Beltim.

Kegiatan ini juga dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Beltim. Pemahaman yang disampaikan kepada para undangan yakni, para siswa siswi, tentang kepemilihan serta himbauan dan ajakan untuk datang ke TPS. Sekaligus meminta para siswa tersebut untuk mengingatkan orang-orang disekitar terutama para orang tua dan saudara siswa agar tidak lupa datang ke TPS.

Ozian (17) salah seorang siswa di SMA Manggar, mengaku siap untuk berpartisipasi untuk memberikan suaranya, meski dirinya tak menyebutkan siapa jagoan kontestan Pilkada pilihannya. “Saya tetap akan ikut berpartisipasi pada pelaksanaan pilkada Beltim ini, meski sampai saat ini Saya belum tahu pasti visi dan misi pasangan calon,” Aku Ozian yang mengaku dirinya sudah punya pilihan.(feb)