KPUD Mulai Teliti Berkas Perbaikan

by -

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) telah menutup waktu penyerahan berkas perbaikan. Waktu yang disediakan, dari tanggal 5, 6 dan 7 Agustus tidak akan diperpanjang kembali. Selanjutnya, sejak tanggal 8 sampai 14 Agustus, KPU akan melakukan penelitian berkas.

“Seluruh pasangan sudah melengkapi berkas perbaikan. Baik syarat calon dan syarat pencalonan. Terhitung sejak tanggal 5, 6 dan 7 Agustus dan tanggal 24 pengumuman hasil verifikasi berkas,” ungkap Ketua KPUD Beltim, Pirmawan saat ditemui akhir pekan kemarin.

Ditegaskan Pirmawan, selama verifikasi berkas, KPU tidak akan memberitahukan kekurangan syarat atau berkas pasangan calon. Sebab, waktu yang disediakan untuk melengkapi berkas telah selesai dan tanpa penambahan waktu.

“Kalau ternyata tidak memenuhi syarat, tidak ada perbaikan, langsung penetapan pasangan calon. Bagi yang tidak memenuhi syarat, ada berita acara hasil penelitian tersebut,” sebut Pirmawan.

Disinggung terjadinya kemungkinan lain saat pemeriksaan berkas, misalnya berkurangnya jumlah pasangan calon, Pirmawan mengakui jumlah peserta bisa saja tetap atau berkurang.

“Tidak jaminan jumlah peserta akan tetap 3, bisa saja 2 atau malah 1. Tapi sepertinya, karena sudah melengkapi persyaratan mudah-mudahan tidak terjadi,” jelasnya.

Beberapa persyaratan yang dilengkapi saat perbaikan berkas antara lain ijazah, pas poto, LHKPN dan surat tata niaga. Sebenarnya, pasangan calon telah mengurus jauh hari sebelumnya namun karena waktu tahapan terbatas sehingga persyaratan baru dilengkapi saat perbaikan berkas.

“Beberapa persyaratan yang berhubungan dengan instansi lain agak memakan waktu. Tidak bisa siap sehari, karena butuh waktu mengurus,” ujar Pirmawan.

KPUD juga meminta kesediaan calon untuk mengumumkan daftar riwayat hidup. Salah satu tujuannya adalah agar masyarakat dapat mengetahui calon kepala daerah.

“Meminta masing paslon membuat pernyataan bahwa bersedia diumumkan daftar riwayat hidup oleh KPU. Dan itu ditandatangani diatas materai. Selama satu minggu ke depan, silahkan masyarakat untuk melaporkan jika ada yang tidak sesuai. Caranya, cukup melampirkan fotokopi KTP pelapor,” pungkasnya. (feb)