KPUD Segera Sosialisasikan Pilkada

by -

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), dalam waktu dekat akan segera mensosialisasikan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015 kepada instansi terkait dan juga masyarakat.  Pernyataan akan adanya sosialisasi disampaikan Ketua KPUD Beltim Pirmawan melalui Komisionernya, Suro M Siregar Sabtu (8/2) pekan lalu.

“Rapat ini berdasarkan surat KPU RI nomor 42 tertanggal 23 januari 2015 lalu yang antara lain menyatakan agar KPUD di seluruh Indonesia yang akan menyelenggarakan Pilkada,” ungkap Suro.
Suro menjelaskan, sosialisasi juga dilakukan KPUD se Indonesia menyusul berakhirnya masa jabatan Kepala daerah/Bupati di tahun 2015 ini.

“Kami diminta untuk melakukan sosialisasi dengan materi Perppu, karena sekitar dua hari yang lalu telah ditandatangani Presiden menjadi UU no 1 tahun 2015 serta rancangan PKPU. Maka dari itu kami (KPUD Beltim) jika tidak ada aral melintang, berencana akan laksanakan sosialisasi di minggu kedua atau ketiga bulan ini,” jelasnya.

Terkait adanya wacana dari DPR RI khususnya di Komisi II DPR RI yang menginginkan penundaan Pilkada mundur ke 2016, KPUD Beltim tidak mau mengomentari hal tersebut.

“Kami (KPUD) Beltim tidak mau berkomentar lebih jauh tentang hal tersebut, karena kami sudah menyiapkan segalanya. Kpan pun akan dilaksanakan, Kita lihat sajalah, yang penting Kita tunggu arahan dan petunjuk dari KPU RI, yang berkenaan kabar Pilkada diundur ke bulan Februari tahun 2016,” terang Suro.

Lebih jauh Suro mengatakan, Jika melihat rancangan PKPU tentang tahapan dan program maka tahapan Pilkada di Beltim pun akan mulai di tahun 2015 ini. Hanya saja mungkin rencana hari-H nya di tanggal 16 Desember 2015 mendatang.
“Maka jika memang hal tersebut terlaksana, pendaftaran Bakal Calon (Balon) Bupati bisa di akhir bulan Februari ini,” tandas Suro (feb)