KPUD Tetapkan 3 Paslon Pilkada

by -

*Hari ini Pengundian Nomor Urut Paslon dan Deklarasi Kampanye Damai

MANGGAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kebupaten Belitung Timur (Beltim) akhirnya resmi mengumumkan penetapan Pasangan Calon (Paslon) peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Beltim tahun 2015.

Ketiga Paslon tersebut yaitu, pertama Paslon Basuri T Purnama dan Fezzy Oktolseja yang diusung Partai PDIP dan Nasdem. Paslon kedua, Usmandi Andeska dan Musdiana yang diudung partai PKS dan Hanura. Sedangkan Paslon ketiga, Yuslih Izha dan Burhanudin yang diusung Partai PBB, Gerindra dan Golkar.

Pengumuman ini dilaksanakan di Kantor KPUD Beltim Jalan Teuku Umar bukit samak Manggar, Senin (24/80 kemarin. Nampak hadir tiga Paslon beserta partai pengusung, Panwaslu Beltim, jajaran Polres Beltim dan unsure Forkominda Beltim. Dari tiga Paslon, Yuslih Izha berhalangan hadir karena masih menyelesaikan tugas lainnya.

Ketua KPUD Beltim, Pirmawan mengatakan dari sekian rentetan yang dilakukan oleh KPUD Beltim, akhirnya mengumumkan paslon yang akan ikut pada Pilkada Beltim Desember mendatang.

“Berdasarkan hasil penelitian inilah, kami hari ini Senin (24/8) (kemarin, red) secara resmi mengumumkan tiga paslon peserta Pilkada Beltim 2015,” ungkap Pirmawan saat menyampaikan sambutannya, Senin (24/8) kemarin di ruang pertemuan KPUD Beltim.

Pirmawan menambahkan sebelumnya pihak KPUD Beltim sudah mengadakan rapat pleno terkait pembuatan berita acara, baru keputusan penetapan Paslon untuk diumumkan. Dasar melakukan penetapan paslon tersebut, menurutnya sudah sesuai dengan PKPU yakni sedikitnya dua pasang paslon.

Sementara itu, Komisioner KPUD Beltim, Suro M Siregar juga menambahkan, bagi paslon yang merupakan anggota DPRD Kabupaten/Provinsi ataupun PNS agar segera menyerahkan surat penyataan pengunduran diri. Lantas, mengisi kesepakatan formulir BP3 untuk diserahkan ke KPUD dengan batas waktu 60 hari ke depan.

“Surat pernyataan pengunduran diri dengan kesepakatan mengisi formulir yang sudah kami bagikan, dan harus ditandatangi diatas materai enam ribu,” sebut Suro.

Sedangkan untuk pengundian nomor urut, kata Suro akan dilaksanakan pada Selasa (25/8) hari ini di Hotel Oasis Manggar, dan dilanjutkan pada siang harinya untuk melaksanakan deklarasi kampanye damai.

Deklarasi kampanye damai diawali dengan pawai iring-iringan massa yang mengambil start dari gedung DPRD Beltim, hingga menuju finish di Pantai Nyiur Melambai. Semua Paslon diikuti Parpol pengusung beserta massa dari para pendukung akan mendeklarasikan kampanye damai tersebut.
“Kompoi kampanye sekaligus dilakukan deklarasi damai di Pantai Nyiur Melambai. Kepada Parpol pengusung paslon silahkan membawa massa sebanyak banyaknya, yang penting sama sama menjaga keamanan dan ketertiban. Kompoi yang dilakukan ini juga merupakan bagian dari sosialisasi bahwa pesta demokrasi di Kabupeten Beltim, sudah memasuki jelang masa kampanye,” pungkas Suro. (feb)