KPUD Tetapkan DPS Pilkada Beltim

by -

*Laki-laki dan Perempuan Berjumlah 83.400 orang

MANGGAR –Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Belitung Timur (Beltim), menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Beltim 2015, Rabu (2/9) kemarin. DPS ditetapkan dalam rapat pleno rekapitulasi pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan DPS yang berlangsung di ruang pertemuan Hotel Guest Manggar.  Penetapan DPS ini menjadi bahan untuk menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) nantinya.

Ketua KPUD Beltim, Pirmawan mengatakan, rapat pleno hari ini merupakan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim 2015 yang sangat penting. Meski begitu, tahapan ini diakuinya hanya tahapan kecil dari gelaran suksesi kepemimpinan Beltim nantinya.

“Dalam rapat pleno ini, agar pihak pengawas pemilu (Panwas) dan juga tim kampanye bisa memberikan masukan apabila terdapat kekeliruan dalam penghitungan rekapitulasi dari mulai tingkat PPS dan PPK. Karena, pada proses inilah kita memastikan semua warga Beltim yang memiliki hak pilih, harus bisa menggunakan hak demokratisnya itu. Dan kita harus pastikan mereka memiliki hak pilih itu,” ungkap Pirmawan.

Sebelum menggelar pleno rekapitulasi dan penetapan DPS, Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) di rumah-rumah warga yang ada di setiap desa melalui petugas. Hasil coklit inilah yang hari ini direkapitulasi lewat pleno sebelum ditetapkannya DPS.

Dari pantauan harian ini, rapat pleno dihadiri oleh ketua PPK se Beltim, Panwaslu Beltim, tim Paslon dan tamu undangan. Satu persatu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) membacakan jumlah desa, tempat pemungutan suara (TPS), jumlah pemilih yang dibagi berdasarkan jenis kelamin. KPUD kemudian mencoklit data pemilih berdasarkan jumlah Daftar penduduk pemilih potensial pemilu (DP4) yang diterima KPUD Beltim dari KPU pusat.

Jumlah data Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu/kada (DP4) dari KPU pusat yang diterima KPUD sebelumnya, berjumlah 83.162 orang, atau bertambah dibandingkan dengan data pemilihan presiden dan Pileg lalu. Namun, setelah dilakukan pemuktahiran data sementara melalui proses coklit oleh petugas di 39 desa se Beltim, akhirnya ditetapkanlah jumlah DPS Beltim untuk pilkada 2015, berjumlah 83.400 orang.

“Ini lah jumlah DPS yang sudah kita sepakati dan kita tetapkan untuk DPS Pilkada Beltim 2015 dengan sejumlah 83.400 orang. Dengan rincian pemilih laki laki berjumlah 42.577 dan untuk pemilih perempuan sejumlah 40.823 orang. Sedang jumlah TPS se Beltim berjumlah 242 TPS yang tersebar ke 39 desa se Beltim,” pungkas Pirmawan, sembari mengetukan palu penetapan jumlah DPS pilkada Beltim.(feb)