KRIMINAL Curi Laptop, 2 Orang Dipenjara

by -

DENDANG – Jajaran Polsek Dendang berhasil membekuk pelaku pencurian laptop milik SMP Negeri 1 Dendang, hari Jum’at (22/1) pekan lalu. Jejak pelaku diketahui setelah anggota Polsek melakukan penyelidikan dan meminta keterangan sejumlah saksi. Pelaku berinisial YP (19) diamankan di tempat kerjanya dan pelaku lainnya, JY (25) diamankan di rumahnya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh Belitong Ekspres, tindak pencurian berawal dari keluh kesah pelaku YP kepada JY yang mengaku tidak memiliki uang. Lantas YP mengajak JY untuk membobol SMP Negeri 1 Dendang.

Setelah bersepakat, keduanya mendatangi TKP sekitar pukul 21.30 wib dengan membawa tangga yang digunakan untuk memanjat. Pengakuan tersangka YP, dirinya berinisiatif memanjat dan membobol ventilasi kantor tata usaha SMP Negeri 1 Dendang.

Setelah berhasil masuk, pelaku kemudian menemukan laptop merk Toshiba dan uang tunai sebesar Rp. 1,7 juta dari dalam laci kantor. Merasa telah menemukan barang berharga, pelaku bergegas keluar melalui ventilasi yang diawasi pelaku lainnya.

Selang sehari kemudian, pelaku mengajak rekannya yang lain untuk membeli gitar di Tanjungpandan. Sepulangnya dari Tanjungpandan, pelaku singgah di tempat tongkrongan sambil mengeluarkan laptop yang dicurinya.

Laptop kemudian disembunyikan pelaku dibalik bebatuan dan ditutupi seng. Diduga, pelaku akan kembali mengambil laptop untuk menjual kepada orang lain. Sayangnya, sebelum rencana menjual laptop hasil curiannya, pelaku dibekuk polisi.

Kapolres Beltim, AKBP.Nugrah Trihadi, melaui Kapolsek Dendang Iptu. Robby S Purba membenarkan telah terjadi tindak pencurian dan penangkapan dua pelaku di tempat berbeda. “Pelaku akan dijerat dengan pasal 363 ayat 2 ancaman hukuman 7 tahun,” ujar Iptu. Robby, Ahad (31/1) kemarin.
Menurut Kapolsek, aksi pencurian diketahui pada hari Sabtu (23/1) pagi, ketika aktifitas sekolah akan dimulai. Kemudian, pihak sekolah mengabarkan kejadian dan ditanggapi unit Reskrim Polsek Dendang dengan pemeriksaan lokasi kejadian. Setelah mengumpulkan bukti dan keterangan, unit Reskrim langsung menyisir beberapa tempat yang dicurigai.

Kapolsek menambahkan, aksi pelaku termasuk kategori kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat). Indikasinya dilakukan malam hari, pekarangan tertutup dan bersama-sama pelaku lainnya.

“Pelaku sudah dimintai keterangan dan untuk saat ini sudah dilakukan pemeriksaan dan diamankan di ruang tahanan Polsek Dendang, Pelaku akan dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman kurungan 7 tahun,” tutup Kapolsek. (feb)‎