Kru Damkar Mulai Kuwalahan

by -

*Padamkan Api di Banyak Lokasi Kebakaran Lahan

TANJUNGPANDAN-Seringnya terjadi kebakaran lahan dan hutan semak di wilayah Belitung di musim kemarau belakangan ini, membuat mobil pemadam kebakaran (damkar) benar-benar super sibuk. Dalam sehari, mobil damkar bisa bolak-balik  sampai belasan kali. Bahkan, hari Rabu kemarin, tercatat tujuh titik api dipadamkan oltm tim Damkar dari Satpol PP Kabupaten Belitung.
Kepala Satpol PP Kabupaten Belitung Alkar mengatakan, tujuh titik ini paling parah di Tanjung Tinggi. “Kemarin tujuh titik, yang paling parah di Tanjung Tinggi dekat Lor In. 50 ton air disiramkan ke lokasi kebakaran di Tanjung Tinggi,” kata Alkar, Kamis (10/9) kemarin.
Alkar menyebut, belakang ini tim damkar benar-benar kewalahan. Sampai-sampai anak buahnya harus pandai-pandai mengatur jadwal makan siang. “Itu kamu liat lah, siang-siang gini keluar,” kata Alkar di markas Pol PP Kompleks Pemda Belitung.
Keberadaan sarana seperti mobil pemadam yang sedikit juga menjadi kendala. Saat ini Satpol PP sedang mengajukan pembelian mobil pemadam kebakaran. “Kami sudah ajukan,” kata Alkar.
Maraknya kebakaran lahan, Alkar menduga akibat ulah oknum masyarakat yang ingin membuka lahan. Sayangnya saat ini Satpol PP belum memiliki aturan untuk menangkap jika ditemukan pelaku membakar lahan sengaja. “Paling-paling kalau ketemu nanti cuma memberi himbauan saja. Seharusnya ada Perda yang mengatur. Saat ini Satpol PP baru mengacu kepada Perda Tibum,’’ pungkasnya.
Pantauan Belitong Ekspres, Jumat (11/9), siang kemarin, nampak mobil damkar lalulalang di sejumlah jalanan di wilayah Tanjungpandan.  Terlihat dua unit mobil damkar, kemarin siang sempat memadamkan api di wilayah Badau. Lantas, tadi malam pun, kebakaran lahan masih nampak terlihat di kawasan Perawas.(ade)