KSOP Tanjungpandan Imbau Nelayan Waspada Melaut Hingga Cuaca Baik

by -
KSOP Tanjungpandan Imbau Nelayan Waspada Melaut Hingga Cuaca Baik
Kepala KSOP Tanjungpandan Afriyon Putra.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpandan mengimbau kepada nelayan dan operator pelayaran agar selalu waspada karena kondisi laut belum stabil sampai menjelang akhir tahun ini.

“Kami mengimbau kepada nelayan yang ingin melaut dan melakukan penangkapan ikan untuk selalu waspada, sampai dengan kondisi cuaca benar-benar membaik,” kata Kepala KSOP Tanjungpandan Afriyon Putra kepada belitongekspres.co.id Kamis (12/12/2019) kemarin saat ditemui di kantornya.

Ia juga meminta nelayan untuk melengkapi peralatan keamanan di setiap kapal seperti pelampung, alat pemadam kebakaran dan alat keamanan lainnya yang mungkin dibutuhkan saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Syahbandar akan ingatkan setiap kapal yang akan meninggalkan pelabuhan setempat, jika cuacanya kurang bersahabat,” katanya.

Afriyon menyakini, nelayan lebih memahami kondisi cuaca di laut saat ini. Meski begitu, pihaknya tetap menghimbau untuk tidak memaksakan melaut jika seandainya cuaca tidak memungkinkan.

Sementara itu salah seorang nelayan asal Kecamatan Selat Nasik, Sandelok, saat ditemui Belitong Ekspres mengungkapkan, hampir satu pekan ini angin dan gelombang di sekitaran Belitung sangat kuat saat kondisi-kondisi tertentu.

“Apalagi di laut lepas yang jauh dari pulau, biasanya kami agak berdekatan mancingnya dengan nelayan lain. Kalau sendiri khawatir bila terjadi cuaca buruk. Kadang kami tidak jadi mancing dan langsung pulang jika di laut cuacanya tidak bersahabat,” katanya.

 

Editor: Subrata
Reporter: Rheza