KSOP Tanjungpandan Pastikan Bongkar Muat LPG 3 Kg Normal

by -
KSOP Tanjungpandan Pastikan Bongkar Muat LPG 3 Kg Normal
Petugas KSOP Tanjungpandan, Iswandi.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, memastikan proses bongkar muat LPG 3 kilogram di Pelabuhan Tanjungpandan berjalan normal.

“Normal, 2 hari berturut-turut normal ini. Kita kan memarkirkan kapal itu ada prosedurnya, terpenting hari itu juga bisa bongkar,” kata Petugas Lalu Lintas Angkutan Laut, KSOP Tanjungpandan, Iswandi kepada Belitong Ekspres, Kamis (18/2).

Menurut Iswandi, pihaknya selalu melakukan pengawasan setiap hari selalu bongkar muat LPG 3 Kilogram itu. Bahkan dalam satu hari ada satu hingga dua kapal yang melakukan bongkar muat LPG di Pelabuhan Tanjungpandan. “Kemarin KM Selviana Nur bisa bongkar, dan kemarin lagi Mitra Abadi 12,” terangnya.

Dia menjelaskan, memang butuh pengaturan kapal bersandar, apalagi kondisi pelabuhan penuh. Karena LPG 3 Kilogram ini prioritas, maka pihaknya carikan solusi. “Hari itu kan bongkar, perkara kendala 2 hingga 3 jam keterlambatan bongkar itu biasa saja, bukan hanya LPG, kapal cargo yang besarpun kadang-kadang olah gerak dari labuh sampai kedalam butuh proses, yang terpenting barang tersebut bisa keluar,” jelasnya.

Dikatakan Iswandi, terkait kelangkaan LPG 3 kilogram yang terjadi di Kabupaten Belitung saat ini, tidak ada kaitannya tugas mereka, karena itu ranahnya sudah berbeda. Pastinya mereka telah menjamin barang tersebut tersalurkan dengan baik.

“Kalau barang itu sudah keluar dari gerbang pelabuhan itu sudah ranah pemerintah daerah, kami hanya menjamin kelanjaran arus barang, penumpang dari dan ke kapal, penyedia fasilitas. Sehingga terkait kelangkaan dikaitan dengan pelabuhan itu tidak ada, karena setiap hari kita bongkar terus,” jelasnya. (dod)

Berikut Data Bongkar Muat Manifes Gas LPG 3 Kg di Pelindo II Cabang Tanjungpandan hingga pukul 19:00 WIB:

1. PT. Hera Makmur Sentosa 3.060 tabung, LPG 3 Kg untuk daerah Belitung Timur.

2. PT Sumber Panca Anugrah 800 tabung, LPG 3 Kg dibawa mobil menuju ke Pilang dan Sijuk.

3. PT Lentera Patra Gasindo 783 tabung, LPG 3 Kg dibawa mobil menuju ke Desa Batu Itam.