Kunjungan Wisatawan ke Babel Meningkat

by -

*Peningkatkan Sangat Signifikan,  Capai 600 Ribu Orang

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Babel, Tajuddin
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Babel, Tajuddin

GANTUNG – Jumlah wisatawan baik domestik dan mancanegara yang datang ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) meningkat dari tahun tahun sebelumnya. Hal ini disampaikan oleh  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Babel, Tajuddin saat menghadiri kegiatan Maras Taun, Desa Lilangan, Kecamatan Gantung Beltim, Minggu (1/5) kemarin.

“Jumlah kunjungan wisatawan domestik saat ini sudah hampir mencapai 600 ribu orang, jadi ada peningkatan yang sangat signifikan. Terus untuk jumlah wisatawan mancanegara ke Babel ini, pada tahun 2008 silam masih 200 orang. Tapi kini ditahun 2015 dari data BPS (Badan Pusat Statistik) yang ada, wisatawan mancanegara sudah hampir mencapai 6ribu orang,” ungkap Tajuddin.

Tajuddin menjelaskan tepatnya jumlah wisatawan mancanegara yang ada tahun 2015 lalu mencapai 5.353 orang turis mancanegara. Jadi sungguh ada peningkatan yang tinggi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Babel.

“Tahun 2016 ini, wisatawan mancanegara yang bekunjung, sudah hampir mencapai 7 ribu, dan Alhamdulillah ini merupakan peningkatan yang sangat tinggi. Dan ini adalah salah satu anugerah yang diberikan oleh Yang Maha Kuasa, Allah SWT yang diberikan kepada kita semua,” ujarnya bangga.

Peningkatan ini, menurut Tajuddin pada saat adanya Gerhana Matahari Total (GMT) pada Maret lalu. Baik yang datang ke Belitung, Belitung Timur dan Bangka Tengah. Pada saat itulah jumlah wisatawan mancanegara yang banyak datang ke Babel.

“Dan di pulau Belitung sendiri, yang datang hampir 2000an wisatawan mancanegara pada saat itu, di Bangka Tengah hampir 1000 an lebih, dan Belitung Timur, juga demikian,” jelasnya.

Dengan momentum peningkatan Pariwisata ini, Tajuddin, ingin mengajak seluruh masyarakat untuk meningkatkan terus dan terus meningkat. Tajuddin menambahkan, salah satu daya tarik yang diperhatikan oleh wisatawan adalah wisata budaya dan adat istiadat, karena adanya keunikan di dalam budaya tersebut.

“Adat istiadat kita ini banyak dan semua nya mungkin sangat unik, salah satunya adalah Maras Taun yang dilakukan saat ini,” sebutnya.

Karena itu, untuk ke depannya Disbudpar Provinsi Babel juga yang disampaikan Bupati Beltim, Yuslih Ihza sebelumnya akan terus membantu meningkatkan dan mendukung kegiatan pariwisata adat istiadat agar lebih besar, meriah dan lebih menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

“Atas nama Gubernur Babel, juga sebelumnya sudah menyatakan agar Disbudpar Babel siap membantu segala even budaya yang dilaksanakan oleh masyarakat, termasuk juga kegiatan Maras Taun ini. Jadi kedepan Insyallah kegiatan ini akan kita laksanakan lebih besar lagi. Saya juga mengajak kepada semua masyarakat agar juga ikut membantu saling bekerjasama untuk melestarikan adat istiadat yang ada saat ini, karena itu bagian dari penunjang dari Pariwisata daerah kita,” tuntasnya. (feb)