Lagi, 11 Warga Manggar Terpapar, Dari Bayi, Pelajar Hingga Dewasa

by -
Lagi, 11 Warga Manggar Terpapar, Dari Bayi, Pelajar Hingga Dewasa
Ilustrasi

belitongekspres.co.id, MANGGAR – Pemerintah Kabupaten Beltim, melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Ikhwan Fakhrozi kembali mengumumkan sebanyak 11 warga Kecamatan Manggar, positif terpapar Covid-19. Dari 11 orang itu, diantaranya 2 bayi dan 4 pelajar ikut terpapar.

Penambahan data pasien Covid-19 tersebut berdasarkan hasil uji swab PCR di Labkesda Provinsi Babel. Adapun 2 bayi yaitu, MAS (11 bulan) bayi perempuan dari Desa Padang dan TC (2 tahun) bayi laki-laki dari Desa Baru.

“Sedangkan pelajar yang terpapar yakni An SAZ (8) warga Desa Lalang, An FP (14) Desa Kelubi, An RL (17) Desa Baru dan An AD (11) Desa Baru Kecamatan Manggar,” terang Sekda Ikhwan Fahrozi dalam siaran pers, Senin (8/3) kemarin.

Selanjutnya warga Manggar yang terpapar yaitu, Ny N (38) Desa Kelubi, Tn  I (71) Desa Baru, Ny. M (51) Desa Kelubi, Ny T (50) Desa Baru, dan Ny M (79) Desa Baru Kecamatan Manggar, yang sebelumnya sudah meninggal dunia. “10 orang masih menjalani isolasi mandiri, dan 1 orang yang sebelumnya meninggal dunia,” jelasnya.

Dengan bertambahnya 11 orang pasien ini, maka di Kabupaten Beltim, jumlah keseluruhan kasus positif Covid-19 sampai saat ini berjumlah 337. Dengan rincian 315 orang sudah sembuh, 15 orang masih menjalani isolasi mandiri, 3 orang sedang dirawat di RSMJ Tanjungpandan dan 4 orang meninggal dunia.

Terkait kembali melonjaknya pasien Covid-19, Ikhwan berpesan keterbukaan dan kejujuran diri sangatlah penting. Sehingga nantinya akan memudahkan dalam mendeteksi orang-orang yang pernah berinteraksi dengan orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Oleh karena itu bagi siapa saja yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 tersebut, diharapkan segera melaporkan diri ke Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Beltim atau pusat layanan kesehatan masyarakat lainnya,” pesan Sekda.

Dia menambahkan, kedisiplinan diri dalam menjaga kesehatan merupakan suatu keharusan mengingat bahaya dan dampak yang ditimbulkan oleh virus itu sangatlah luas. Tetaplah menjalankan protokol kesehatan. “Jangan menganggap remeh virus ini, setiap orang tidak memiliki kekebalan tubuh yang sama, jagalah diri dan keluarga anda,” sebutnya.

“Tak henti-hentinya kami ingatkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Beltim agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan dimanapun anda berada. Yakni, untuk selalu memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun di air yang mengalir, menjaga jarak, jauhi kerumunan dan membatasi mobilitas jika tidak ada keperluan yang mendesak serta makan-makanan yang sehat dan bergizi,” tandasnya. (dny)