Lagi, 8 ABG Pesta Miras

by -

*Sering Terjaring Razia, Seakan Tak Berefek Jera

TANJUNGPANDAN- Para kawula muda di Kota Tanjungpandan, seakan tak pernah jera untuk mengkonsumsi minuman keras (Miras). Meski, setiap kali terjaring razia selalu dipanggil orang dan dibuatkan pernyataan untuk tidak mengulangi perbuatannya, itu hanya seperti angin lalu.

Setiap kali Polisi menggelar razia rutin, selalu saja didapati gerombolan anak baru gede (ABG) yang asyik teler. Teranyar, Sabtu (7/11) malam lalu, Jajaran Polres Belitung kembali mengamankan delapan ABG yang kedapatan pesta Miras. Mereka terjaring razia saat berpesta Miras jenis arak di depan Bahamas Hotel Kawasan Air Saga, dan di depan SPBU Jalan Gatot Subroto.

Mirisnya, dari mereka yang terjaring razia penyakit masyarakat (Pekat) ini, mayoritas masih di bawah umur dan berstatus pelajar. Kedelapan ABG ini, yakni RD (16), AJ (16), RF (17), AV (16), RL (15) DN (17), AG(17) dan CY (18) warga Air Saga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Belitong Ekspres menyebutkan, pada saat itu puluhan personil Polres Belitung yang dipimpin Iptu Eko melakukan operasi cipta kondisi di Belitung dengan target, minum keras dan pemuda nongkrong.

Saat melintas di dua kawasan tersebut, polisi menemukan gerombolan para ABG nongkrong. Setelah diperiksa, ditemukan adanya minuman keras. Mengetahui adanya miras, para bocah yang mayoritas bersatus pelajar ini digelandang ke Polres Belitung.

Sesampainya di Polres, ke delapan bocah ini diperiksa dan di data. Untuk memberikan efek jera, para bocah-bocah ini dipanggil kedua orang tuanya, serta dibuatkan surat pernyataan tidak mengulangi perbuatannya tersebut.

RD mengakui semua perbuatannya. Menurutnya, dia hampir tiap akhir pekan nongkrong dengan rekan-rekannya. Namun, apesnya baru pertama kali ikut pesta miras sudah digerebek polisi.

“Saya biasanya hanya nongkrong. Tapi, tadi (kemarin,red) teman-teman bawa minuman (arak). Saat hendak minum, eh polisi datang. Saya berjanji tidak akan mengulangi perbuatan ini,” ujar RD kepada Belitong Ekspres, di Mapolres. (kin)