Lagi, DPRD Minta RSUD Baru Segera Beroperasi

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Dinilai Alami Perubahan Baik di Tahun 2015

TANJUNGPANDAN-Komisi III DPRD meminta kepada Pemerintah Kabupaten Belitung untuk segera merencanakan secepatnya operasioanl RSUD baru di Perawas yang dinamai RS.Prof Dr H Marsidi Joedono. Sebab, DPRD menilai, sejumlah indikator tentang pelayanan RSUD Belitung sudah mengalami peningkatan di tahun 2015 ini.
“Dan di tahun 2015 ini, mereka (RSUD,red) sudah harus siap mengoperasikan rumah sakit yang baru. Dan kami merespon sudah ada perubahanlah.  Apalagi dengan adanya juga dukungan dari seluruh SKPD pemerintah kabupaten Belitung,” ungkap Saryadi, anggota Komisi III DPRD usai melakukan peninjauan langsung ke RSUD Kabupaten Belitung Jumat (17/4) sore kemarin di RSUD Perawas.
Menurut Saryadi, ditargetkan paling lambat bulan Juni 2015 mendatang, RSUD baru di Perawas sudah mulai beroperasi, meski masih ada tahapan-tahapan lainnya yang harus diselesaikan dan disempurnakan. “Ketika RSUD baru sudah beroperasi, masalah pendidikan keperawatan ataupun sertifikasi perawat, sudah tidak ada kendala lagi,” sebutnya.
Karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung perlu memikirkan masalah rujukan pasien BPJS Belitung ketika akan dirujuk ke rumah sakit Jakarta. “DPRD Belitung ingin agar pemerintah daerah bisa menyiapkan tenaga khusus perawat di rumah sakit Jakarta. Guna merawat pasien BPJS dari Belitung. Di Belitung Timur saja sudah ada,” terangnya.
Termasuk, untuk pengadaan apotik mandiri di Belitung juga harus ada. Apalagi, nantinya ketika sudah mau pindah dari rumah sakit lama. “Apotiknya harus stand by selama 24 jam. Karena anggaran untuk kerjasama RSUD dengan apotik pada tahun 2015 ini, bisa mencapai Rp 9 miliar,”
Di sisi lain, ia menilai orientasi pelaksanaan kegiatan rumah sakit umum daerah (RSUD) Kabupaten Belitung di tahun 2014 cukup membawa perubahan. “Sejauh ini indikator ketercapaian kinerja RSUD kabupaten Belitung hampir sebagian besar sudah baik. Terutama dalam hal pelayanan kesehatan masyarakat. “Bahkan, hampir rata-rata diatas 70 persen,” katanya.
Politisi dari Fraksi APS ini mengatakan, untuk kegiatan lainnya yang tidak tercapai, diperkirakan karena penerimaan pegawai RSUD masih belum maksimal. Sebab, belum ada Peraturan Bupati (Perbup-nya,red),” jelasnya dan menyatakan, Perbup-nya tahun 2015 sudah ada.
Selain itu, kendala lainnya yakni soal sertifikasi perawat dan pembangunan gedung RSUD yang baru. “Khusus untuk RSUD yang baru. Meskipun perencanaannya mungkin sudah maksimal. Namun, kita (Komisi III DPRD,red) tetap menekankan agar di tahun 2015 ini harus segera dioperasionalkan (RSUD Perawas),” tutupnya.(mg2)

Baca Juga:  Permudah Pelayanan Masyarakat, Polres Belitung Buat SKCK Delivery

Tags:
author

Author: