Lagi, Hutan Lindung Koba Terbakar

by -2 views

KOBA – Seperti tahun lalu, hutan lindung yang berada di  Kampung Jawa, Kelurahan Koba, Selasa (11/8) kemarin kembali terbakar. Belum diketahui pasti datangnya api yang melalap hampir sebagian hutan yang berada di dekat pemukiman warga pada saat musim kemarau ini. Beruntung reaksi cepat petugas memadamkan api dengan menurunkan dua mobil pemadam kebakaran.
Informasi yang dihimpun, peristiwa kebakaran hutan lindung sekitar pukul 10.00 WIB menyebabkan asap tebal menyelimuti pemukiman penduduk bahkan berimbas kepada proses belajar mengajar di SDN 4 Koba. Api berhasil dijinak WIB petugas pemadam kebakaran dibantu tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kesatuan Bangsa dan Politik (BPBD Kesbanpol) Bateng dibantu warga serta anggota Polres pada pukul 14.30 WIB.
“Belum diketahui dari mana titik api dan apa pemicunya, namun api sudah mulai membesar sejak Selasa siang,” kata Sekretaris BPBD Kesbangpol Bateng, Fajri.
Ia menjelaskan, hutan lindung yang lokasinya tidak jauh dari pemukiman penduduk itu pada 2014 juga sempat terbakar yang meludeskan sekitar ratusan hektare hutan yang menjadi paru-paru kota itu. “Tim pemadam sudah diterjunkan untuk memadamkan api, tetapi belum semua titik api yang berhasil dipadamkan, bahkan dikhawatirkan kebakaran terus meluas sehingga mengancam pemukiman penduduk,” ujarnya.
Ia mengatakan, pinggir hutan lindung tersebut berbatasan langsung dengan pemukiman penduduk sehingga warga menjadi khawatir api bisa menyambar rumah terutama pemukiman yang berada di pinggir hutan. “Saat ini kami berupaya memadamkan tiga titik api di dalam hutan, namun api sulit dijinakkan karena hutan tersebut merupakan lahan gambut sehingga menyulitkan kami untuk masuk ke dalam hutan,” ujarnya.
Pihaknya belum bisa memastikan berapa luas hutan lindung Koba yang terbakar tersebut, namun kondisi hutan mengalami rusak parah. “Kami terus berupaya memadamkan api untuk menyelamatkan kawasan hutan yang belum terbakar. Sekarang yang penting kebakaran jangan sampai meluas,” ujarnya.
Sementara Kapolsek Koba, Iptu Ryan Wira Raja Pratama mengungkapkan, bahwa saat pihaknya masih menyelidiki  asal api yang menyebabkan kebakaran hutan lindung. “Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Besar kemungkinan penyebab kebakaran karena gesekan dedahan kering menimbulkan percikan api, sehingga membuat terjadinya kebakaran atau puntung rokok yang dibuang sembarangan,” jelasnya.(and/ant)