Lagi, Oknum Sipir Lapas Diciduk Polisi

by -1 views
ilustrasi
ilustrasi

*Terkait Dugaan Penyalahgunaan Narkoba

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Untuk kedua kalinya Sat Narkoba Polres Belitung, mengungkap dugaan pelaku penyalahgunaan narkoba jenis sabu-sabu yang melibatkan oknum sipir Lapas Kelas IIB Tanjungandan.

Oknum Sipir berinial RO diciduk pada Rabu (22/1), usai menjalankan tugas di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Setelah itu, ia dibawa ke Mapolres Belitung untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif.

“Benar, kita sudah mengamankan pelaku pada saat pulang bekerja. Saat ini, kami masih melakukan penyidikan terhadap pelaku,” kata Kasat Narkoba Polres Belitung Iptu Naek Hutahayan kepada Belitong Ekspres, Kamis (24/1) kemarin.

Iptu Naek Hutahayan menjelaskan, sebelum menangkap oknum petugas Lapas itu, jajarannya melakukan penggerebekan terhadap YK di eks Gedung RSUD Belitung, Senin (21/1). Diduga dia hendak melakukan transaksi barang haram tersebut.

Setelah dilakukan penangkapan, polisi melakukan penyidikan serta pengembangan. Dari pengakuan tersangka YK, dirinya mendapat barang haram tersebut dari RO, yang merupakan oknum sipir Lapas.

Mendapat informasi itu, jajaran kepolisian langsung berkoordinasi dengan pihak Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, untuk menangkap RO. Setelah diamankan, polisi langsung melakukan tes urine terhadap pelaku, dan hasilnya positif.

“Untuk sementara kami masih belum bisa berkomentar banyak. Sebab, kita masih lakukan pengembangan. Besok (hari ini,red) kita akan gelar konferensi pers,” tukas Iptu Naek Hutahayan.

Ketika disinggung mengenai keterlibatan sembilan orang yang sebelumnya diamankan petugas Lapas, lantaran tertangkap saat pesta narkoba, Naek Hutahayan membantahnya. Menurutnnya, itu ada jaringan lain.

“Sama sekali tidak ada kaitannya dengan yang kemarin (pesta narkoba di Lapas,red). Hingga saat ini, kita masih selidiki darimana oknum ini mendapatkan narkoba jenis sabu tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIB Cerucuk Seno Utomo membenarkan adanya penangkapan tersebut. Menurut Seno pihak kepolisian sudah berkoordinasi dengan dirinya saat melakukan penangkapan.

Dia mengaku tak menyangka pegawainya terlibat kasus narkoba. Sebab, selama ini ia melihar RO merupakan sosok pribadi yang memiliki kelakuan baik, dan sopan dalam menjalankan pekerjaannya sehari-hari.

Sebelumnya, polisi juga mengungkap dugaan penyalahgunaan narkoba di Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Dia adalah pria berinisial SS. Oknum petugas Lapas (sipir) itu iamankan Polres Belitung, Sabtu 25 Agustus 2018 lalu. Awalnya polisi tersangka menangkap PY dan MH. Dari pengembangan, keduanya mendapat narkoba jenis sabu-sabu dari SS. (kin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *