Lagi, Timgab Bongkar Papan Reklame

by -

MANGGAR – Untuk kesekian kalinya tim gabungan (Timgab) dari Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), menertibkan sejumlah reklame dan spanduk liar di seputaran Kota Manggar.

 

Timgab yang terdiri dari Satpol PP, BPMPT, DPPKAD, dan Dinas Cipta Karya dan Perumahan Rakyat (DCKPR) Beltim, melakukan penertiban, Jumat (16/10) pagi kemarin.

 

Penertiban dilakukan lantaran pemilik reklame dan spanduk dianggap masih membandel, serta tidak mengindahkan sosialisasi tentang perizinan pemasangan sejumlah papan reklame, dan spanduk tersebut.

 

“Ini adalah kegiatan rutin tim gabungan untuk upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Beltim, dalam hal perizinan reklame. Serta membuat para pengusaha bidang reklame mengetahui bahwa apabila memasang reklame dalam bentuk apa pun wajib memiliki izin dari dinas terkait,” kata Kasatpol PP Beltim, Sudiono, melalui Kasi Ops Satpol PP, Nazirwan.

 

Nazirwan mengatakan penertiban tersebut dilakukan dengan terpaksa karena mereka pemilik papan reklame dan spanduk, tidak mengindahkan teguran lisan maupun tertulis. Padahal soal proses perizinan dan pajak daerah sudah jelas diatur sesuai dengan peraturan daerah Beltim.

“Terpaksa kita lakukan penertiban kembali, karena mereka masih juga tidak mengindahkan teguran. Banyaknya proveder atau perusahaan pemakai reklame yang tidak memiliki izin baik itu jenis papan reklame, neon box, spanduk, baleho dan lainnya,” ungkap Nazirwan.

“Karena tidak ada izin dan pembayaran pajak yang rutin oleh pemilik reklame dan spanduk, terpaksa tim gabungan melakukan penurunan serta penyegelan papan reklame dan spanduk tersebut,” tandasnya. (feb)