Lakalantas, 90 Persen MD

OYO 399 Kelayang Beach Hotel

*Aparat Terlibat Tambang Ilegal, Akan Ditindak Tegas

TANJUNGPANDAN-Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Brigjen Pol Gatot Subiyaktoro mengingatkan, data dari kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Babel, setiap kecelakaan yang terjadi 90 persen korbannya meninggal dunia (MD). Catatan ini menjadi sorotan Kapolda saat acara sosialisasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Gedung Serba Guna, Jumat (13/2) kemarin yang juga dihadiri Gubernur Babel Rustam Effendi dan Danrem 045 Garuda Jaya Kolonel Inf Murlym Maryadi.
Fatalnya kondisi tersebut, lanjut Kapolda,  disebabkan karena minimnya pengetahuan masyarakat tentang berlalu lintas yang benar. “Selain itu, kondisi jalan yang bagus juga mempengaruhi tingginya angka kecelakaan. Pasalnya, para pengendara ingin mencoba melaju dengan kecepatan tinggi dan dia tidak memperhatikan keselamatan. Namun untuk di Babel sendiri, dari data kepolisian ada penurunan laka lantas dari tahun 2013 ke 2014,” tegas Kapolda.
Dijelaskan, di tahun 2013 data yang masuk di Polda Babel angka kecelakaan lalu lintas sebanyaki 361 dengan korban meninggal dunia sebanyak 245. Dan di tahun 2014, ada 304 dan meninggal dunia sebanyak 203. “Saya menghimbau, kepada masyarakat Bangka Belitung, khusunya warga Belitung agar berhati-hati saat berkendara. Serta patuhilah peraturan lalu lintas,” himbaunya.
Kapolda lebih lanjut mengatakan, selain kasus laka lantas dan pencurian dengan pemberatan (curat), hal yang menjadi perhatian bersama adalah maraknya penambangan timah ilegal di Babel. Meski ada penurunan tahun 2013 dibanding tahun 2014, namun tetap dengan adanya penambangan ilegal ini Pulau Babel bisa rusak.

Baca Juga:  Gara-Gara Share Video ke Medsos, Ivan Tersangka Penista Agama

“Dari tahun 2013 ada sekitar 121 kasus, dan di tahun204 ini ada 99 kasus (tambang ilegal,Red). Saya tidak main-main dalam kasus ini. Kami akan menindak siapapun yang bermain dalam kasus ini (tambang ilegal,Red),” tegas Gatot.
Ketika disinggung mengenai hukuman jika ada anggota polisi yang bermain dalam kasus tambang ilegal, Kapolda  menegaskan, dirinya akan menindak tegas jika terbukti ada oknum polisi yang ikut bermain. “Kami akan menindak tegas anggota kami yang bermain,” tegas Kapolda.
Senada dengan Kapolda, Danrem 045 Garuda Jaya Kolonel Inf Murlym Maryadi juga menegaskan, jika ada anggotanya  yang bermain dalam kasus ini. Silahkan melapor. Tidak hanya, yang bermain melainkan membeking juga akan ditindak. “Jika ada anak buah saya yang bermain, silahkan lapor. Ini nomor hape saya 0813856788787. Kami akan tindak lanjuti laporan tersebut,” tegasnya.
Kegiatan ini juga menjadi ajang tali silaturrahmi dengan tokoh masyarakat Belitung dan Babinkamtibmas Belitung dan Belitung Timur. Nampak hadir pula Danlanal Babel Letkol Laut (P) Hendra Kesuma, Bupati Belitung Sahani Saleh, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani, Kapolres Belitung AKBP Candra Sukma Kumara dan Kapolres Belitung Timur AKBP Nugra Trihadi dan Danlanud HAS Hanandjoeddin Letkol Pnb Setiawan.
Kapolda bersyukur atas terselengaranya acara ini. pasalnya, dengan adanya kegiatan tersebut, para pejabat Belitung, khususnya Gubenur Babel Rustam Effendi hadir di tengah-tengah masyarakat.  “Acara seperti ini, silaturahmi seperti ini, harus rutin dilaksanakan. Selain kita dapat tatap muka langsung dengan pejabat di Babel, kita juga bisa sharing (tukar pendapat,Red), berbagi informasi tentang permasalahan kamtibmas di Belitung maupun Belitung Timur,” ujar Kapolda.
Terpisah, Gubernur Rustam Effendi menyambut baik acara ini. Pasalnya dengan adanya acara tersebut, masyarakat bisa bertatap muka dengan para petinggi di Babel. “Kami juga meminta kepada polisi maupun TNI agar terus menjaga kemanan di Babel,” pintanya.(kin/mg1/ade)

Rate this article!
Lakalantas, 90 Persen MD,5 / 5 ( 1votes )
Tags:
author

Author: