Lansia Beltim Diberi Pemahaman Pemilu

by -
Lansia Beltim Diberi Pemahaman Pemilu
Sosialisasi KPUD Beltim untuk pilkada 2020 bagi Lansia yang dilaksanakan di Balai Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit, Belitung Timur, Rabu (4/12/2019).

belitongekspres.co.id, KELAPA KAMPIT – Kelompok Masyarakat Lanjut Usia (Lansia) mendapatkan pemahaman Pemilu oleh KPUD Beltim. Kegiatan dituangkan dalam sosialaisasi Pendidikan Pemilih bagi pemilih disabilitas lainnya, Rabu (4/12/2019).

Acara yang dilaksanakan di Balai Desa Buding Kecamatan Kelapa Kampit, bertujuan untuk mengajak pemilih khususnya kelompok msyarakat lansia, untuk ikut berpartisipasi pada setiap tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim Tahun 2019.

“Masa lansia kadang diartikan dan dimaknai sebagai masa kemunduran, terutama pada fungsi fisik dan psikologis. Sehingga, dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat baru, bagi kelompok masyarakat lansia untuk ikut berpartisipasi, dalam setiap tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Beltim tahun 2020,” terang Divsos KPUD Beltim, Ashrikhah.

Kegiatan Pendidikan pemilih ini, dihadiri oleh warga Desa Buding yang berumur 60 tahun ke atas, baik dari kalangan ibu-ibu maupun bapak-bapak. Dengan jumlah peserta 40 orang. Dengan narasumber dari KPUD Beltim, yakni Divisi sosialisasi pendidikan pemilih parmas dan SDM Asrikhah, Divisi hukum dan pengawasan Widiarsih, serta dihadiri pula oleh Kepala Desa Buding Yudi Brahma. Turut serta hadir, Anggota Bawaslukab Beltim Ihsan Jaya.

“Pada kelompok masyarakat lansia ini, merupakan salah satu terobosan karena selama ini kelompok ini masih kurang diperhatikan. Padahal, mereka juga memiliki hak pilih yang sama seperti masyarakat lainnya,” ulas Asrikhah.

“Warga Masyarakat dari kelompok lansia ini adalah WNI yang memiliki hak yang sama dalam hal memberikan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Karena itu, perlu adanya sosialisasi pendidikan pemilih bagi mereka untuk meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur tahu 2020,” imbuhnya.

Editor: Subrata
Reporter: Danny Sugara