Lanud H AS Hanandjoeddin Gelar Upacara Peringati HKN Ke – 111

Suasana upacara Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke-111, di Halaman Mako Lanud H AS Hanandjoeddin (ASH), Senin (20/5) pagi.

belitongekspres.co.id, TANJUNGPANDAN – Pangkalan TNI AU H AS Hanandjoeddin menggelar upacara Hari Kebangkitan Nasional (HKN) ke-111, di Halaman Mako Lanud H AS Hanandjoeddin (ASH), Senin (20/5) pagi. Upacara ini dipimpin langsung Danlanud ASH Letkol Pnb Akal Juang, selaku Inspektur Upacara.

RajaBackLink.com

Dalam amanatnya, Letkol Pnb Akal Juang mengatakan, dalam Naskah Sumpah Palapa yang ditemukan pada kita Kitab Pararaton tertulis, Sira Gajah Madapatih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada. ‘Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa’.

“Memang ada banyak versi tafsiran atas teks tersebut, terutama tentang apa yang dimaksud dengan ‘amukti palapa’. Namun meski sampai saat ini masih belum diperoleh pengetahuan yang pasti. Umumnya para ahli sepakat, bahwa amukti palapa berarti sesuatu yang berkaitan dengan laku prihatin sang Mahapatih Gajah Mada. Artinya, ia tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum mempersatukan Nusantara,” ucap Danlanud ASH sembari membacakan sambutan Menkominfo RI Rudiantara.

Lulusan AAU 1998 menambahkan, sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional untuk mengikat wilayah Indonesia. Seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

“Oleh karenanya, peringatan HKN tahun ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Karana, berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu. Namun semua, pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa,” kata Letkol Pnb Akal Juang. (rel)

author

Author: 

Leave a Reply