Lanud Tingkatkan Pengamanan Bandara

Danlanud mengecek personil yang hadir dalam Apel Gabungan di Base Ops Lanud H. AS Hanandjoeddin, Selasa (15/5) kemarin.

 

RajaBackLink.com

TANJUNGPANDAN – Dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap situasi dan kondisi keamanan akhir-akhir ini, pengamanan di Bandara H. AS Hanandjoeddin diperketat. Pasalnya, Bandara H. AS Hanandjoeddin merupakan salah satu akses pintu keluar masuk Pulau Belitung.

Peningkatan keamanan Bandara diawali dengan Apel Gabungan di Base Ops Lanud H. AS Hanandjoeddin, Selasa (15/5) kemarin. Apel ini dipimpin Danlanud H. AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang, dan dihadiri Kodim 0414/Belitung, Polres Belitung, Brimob Detasemen B Polda Babel dan Avsec Otoritas Bandara.

“Upaya pencegahan dan deteksi dini dilaksanakan bersama guna mengantisipasi berbagai ancaman atau gangguan keamanan. Seperti potensi teror bom dan lain-lain yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Yang berniat untuk merusak suasana di Pulau Belitung, yang sampai saat ini masih kondusif,” kata Letkol Pnb Akal Juang.

Baca Juga:  SMAN 1 Manggar Lulus 100 Persen

Danlanud didampingi Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana berpesan, agar seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan tak terlena dengan kondisi tersebut. Sebaliknya harus semakin meningkatkan kewaspadaan dan melakukan segala sesuatu disesuaikan dengan prosedur tetap (protap) yang berlaku.

“Kegiatan pengamanan bandara ini sangat penting dilaksanakan, karena mengingat situasi sekarang ini dan juga lonjakan penumpang yang menggunakan transportasi udara diperkirakan akan semakin padat. Oleh sebab itu, pelaksanaan pengamanan harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab. Ini untuk mengantisipasi dan cegah dini kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan,” ucap Lulusan AAU 1998 itu.

Selain itu, Letkol Pnb Akal Juang juga meminta masing-masing personel selalu mengedepankan tindakan preventif dan berani menindak tegas upaya dari pihak-pihak tertentu yang ingin mengganggu stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Belitung. Khususnya di wilayah Bandara H. AS Hanandjoeddin.

Baca Juga:  PT Timah Ingin DAS Lenggang Bebas dari Aktivitas Tambang Ilegal

“Kedepankan kerjasama yang sinergis dan harmonis dengan seluruh instansi terkait dengan segenap elemen masyarakat. Melalui kegiatan pengamanan bandara ini kita tunjukkan profesionalitas, serta pentingnya kedisiplinan dalam melaksanakan tugas. Karena sekecil apapun tugas yang diberikan harus dikerjakan dengan penuh rasa tanggungjawab,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Belitung AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, dalam hal ini pihak kepolisian hanya membackup pengamanan di Bandara. Meski begitu, polisi akan mengerahkan kekuatan penuh jika terjadi hal-hal yang mencurigakan.

“Anggota kita akan standby di bandara bersama anggota TNI lainnya. Kami berharap pengaman ini berjalan lancar. Dan Belitung tetap aman dan kondusif,” ungkap AKBP Yudhis, kepada Belitong Ekspres. (rel)

Rate this article!
Tags:
author

Author: