Laporkan Jika Ada yang Terindikasi Narkoba

by -

KOBA – Untuk memproteksi masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkoba, maka Kesbangpol Babel menggelar sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba untuk mewujudkan masyarakat sehat tanpa narkoba. Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan ormas, LSM, SKPD di gedung diklat BKD Bateng, Rabu (1/6) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, Sri Rosmalawati yang merupakan salah seorang narasumber mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan masyarakat. “Barang haram jenis narkoba saat ini menjadi permasalahan serius, maka dari itu setiap lapisan masyarakat harus bersinergi memerangi penyalahgunaan narkoba,” ujar Sri Rosmalawati, Rabu (1/6) pagi kemarin.

Lanjutnya, pada kesempatan tersebut dirinya mengajak agar warga masyarakat di Kabupaten Bateng ini dapat berpartisipasi dalam upaya P4GN dengan cara segera melaporkan adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungannya ke BNNK atau BNNP setempat. “Penyalahguna narkoba perlu disembuhkan dengan cara direhabilitasi karena ia adalah korban, maka dari itu harus segera dilaporkan ke BNN agar ditindaklanjuti,” himbaunya.

Sementara Kepala Kesbangpol Babel, Drs. H. Sunardi, MAP mengatakan bahwa, kegiatan sosialisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Bateng tersebut merupakan kali kedua setelah Pangkal Pinang. “Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta yang mengikuti sosialisasi dapat menyebarluaskan informasi materi yang didapatkan,” ujar H. Sunardi.

Lanjutnya, pihaknya pun menghimbau agar masyarakat segera melaporkan secepatnya bila ada keluarga yang terindikasi sebagai penyalahguna narkoba untuk direhabilitasi. “Meningkatkan kewaspadaan terhadap narkoba, dimulai dari keluarga hingga lingkungan masyarakat. Untuk itu setiap individu harus peka terhadap lingkungan agar tidak terjebak dalam pusaran narkoba. Kemudian Pemda mengaturnya ke dalam perda tentang narkotika, psikotropika dan zat adiktif berbahaya lain, sehingga peredaran dan penyalahgunaan narkoba dapat lebih dipersempit,” tegas H. Sunardi.

Sedangkan dari pihak Kesbangpol Bateng, Pani Suhendra mengatakan, untuk melakukan upaya pencegahan narkoba di Bateng ini, maka semua pihak harus besinergi. Masyarakat harus mendukung, sementara pihak Pemda Bateng pun akan terus gencar melaksanakan sosialisasi akan bahayanya penyalahgunaan narkoba, BNN melakukan rehabilitasi. “Pada Sabtu (4/6) nanti kita bekerjasama dengan Gentara, kita akan melakukan kegiatan khitanan massal yang diikuti oleh 200 orang peserta dengan dukungan dari Pemda Bateng sekaligus dalam moment memperingati hari anti narkoba internasional (HANI),” pungkas Pani Suhendra.(and)