Latihan Tempur Jalak Sakti Spektakuler

by -

*Atraksi Pengeboman dan Terjun Payung Pukau Ribuan Masyarakat

foto A. pasukan Paskhas saat terjun di lapangan AWR Buding, kemarin

TANJUNGPANDAN-Latihan Tempur Jalak Sakti di AWR Buding, Kecamatan Kelapa Kampit Selasa (31/5) kemarin, berlangsung spektakuler. Ribuan masyarakat Belitung, dibuat terpukau, dengan sejumlah aktraksi yang dilakukan Jajaran Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).

Acara ini dihadiri Kepala Staff Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriyatna, Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi, Bupati Belitung Sahani Saleh, Anggota DPD RI Tellie Gozelie, Danrem 045 Garuda Jaya Kolonel Inf Tjatur Genah, Kapolres Belitung AKBP Sunandar.

Selain itu, juga hadir Kapolres Belitung Timur AKBP Nono Mardono, Dandim 0414 Belitung Letkol Arh Marthen Verny Rorintulus, Kajari Tanjungpandan Nova Elida saragih, Kajari Beltim Widagdo, Wakil Ketua I dan II DPRD Belitung Budi Prasetyo dan Isyak Meirobie.

Pantauan Belitong Ekspres di lokasi terlihat, ribuan pasukan TNI AU melaksanakan adegan peperangan. Seakan-akan kawasan Buding dikuasi oleh musuh. Dan penerbang-penerbang Republik Indonesia, melakukan pertempuran di darat dan udara.

Sejumlah Pesawat Tempur milik Angkatan Udara ditampilkan dalam latihan ini. Di antaranya Pesawat Hawk, F 16, dan Super Puma. Selain itu juga ada atraksi dan penerjun Kopaskhas Angkatan Udara, yang jumlahnya mencapai ratusan.

Masyarakat sempat terdiam, saat menyaksikan roket diledakan di atas udara. Hingga akhir cerita, Tentara Republik Indonesia, berhasil memenangkan pertempuran dan kembali mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriyatna mengatakan, ini merupakan latihan tertinggi di Komando Operasi Angkatan Udara I (Koopsau I), yakni meliputi Pulau Natuna, Kalimantan dan Bangka Belitung.

“Alhamdulillah kita sudah lihat, acara berjalan sukses. Sejumlah adegan kita peragakan dalam latihan ini, khususnya pengeboman dan terjun payung,” ujar Kepala Staf Kasau kepada Belitong Ekspres, kemarin usai kegiatan.

Marsekal TNI Agus menjelaskan, dirinya akan mengevaluasi latihan ini. Sebab, menurutnya masih ada kekurang-kekurangan yang perlu dibenahi. Katanya, ada sedikit kesalahan sekian detik dari penerbang-penerbangnya.

“Kita akan evaluasi. Sebab, kita takutnya saat perang beneran nanti, mereka akan berbuat kesalahan hingga menyebabkan kejadian yang fatal,” ungkapnya Jenderal Bintang Empat ini.

Sementara itu, Gebernur Bangka Belitung Rustam Effendi mengatakan, dirinya menyambut baik adanya kegiatan ini. Sebab, Bangka Belitung merupakan pulau pariwisata dan tidak ingin pulau ini diserang musuh.

“Menarik acaranya, kita lihat ribuan masyarakat Belitung berkumpul menyaksikan latihan tertinggi angkatan udara ini,” kata Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi, kepada Belitong Ekspres. (kin)